IDENTIFIKASI PENGEMBANGAN SALURAN DISTRIBUSI PRODUK PADA SENTRA INDUSTRI LOGAM DI KECAMATAN TEMPEH KABUPATEN LUMAJANG
Abstract
Sentra industri logam merupakan kawasan yang terdiri dari 4 desa, Desa Pulo, Desa Gesang, Desa Besuk dan Desa Jokarto. Keempat desa tersebut mempunyai penduduk yang bermata pencaharian sebagai pengrajin logam. Pengrajin logam yang berada pada sentra industri logam tersebut dapat menggunakan semua jenis saluran distribusi yang ada. Penggunaan saluran distribusi tersebut tentunya disesuaikan dengan kondisi pasar yang ada. Tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah untuk melakukan identifikasi terhadap saluran distribusi apa saja yang digunakan oleh pengrajin logam.
Penelitian yang dilakukakan penulis ..tnenggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hal tersebut dilakukan supaya didapatkan data yang mendalam dan mempunyai tingkat kebenaran yang tinggi. Penelitian ini menggunakan metode snowball dalam penggambilan data dan penentuan informan yang akan dijadikan sumber data penelitian. Informan yang digunakan berjumlah 8 orang yang terdiri dari orang-orang yang berkaitan langsung dengan sentra industri logam Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Analsis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis domain dan taksonomi. Penggunaan domain dan taksonomi dalam penelitian ini bertujuan untuk mernperjelasa dan membatasi permasalahan yang dibahas dalam penelitian. Penarikan kesimpulan dalam penelitian ini menggunakan metode induktif karena berawal dari hal yang khusus dahulu kemudian diakhiri dengan hal yang umum.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pengrajin logam pada sentra industri logam Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang mampu menggunakan seluruh saluran distribusi yang ada dan penggunaannya disesuaikan dengan kondisi pasar
yang ada. Penggunaan saluran distribusi yang ada pada umumnya telah dikembangkan dan penggunaan yang dominan adalah sistem pemasaran campuran. Penggunaan sistem pemasaran campuran sangat sering digunakan karena sistem pemasaran campuran merupakan sistem pemasaran yang komplek dan elastis. Pengrajin logam dapat mengambil bagian-bagian terbaik dari masing-masing pengembangan saluran distribusi yang ada dalam menunjang kegiatan pemasaran yang dilakukan.