• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN DAN MENDASARI PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMASARAN JERUK SIAM (Citrus nobilis LOUR var) MELALUI TENGKULAK (Studi Kasus Desa Wringinagung Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi)

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-grey-2008-sitimuawan-2255-sitimua-t_1.pdf (110.4Kb)
    Date
    2014-01-19
    Author
    Si ti Muawanah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengembangan komoditas hortikultura terutama buah-buahan memiliki peluang pasar sebagai salah satu sumber pertumbuhan sektor pertanian. Jeruk Siam sebagai salah satu komoditas unggulan sub-sektor hortikultura keberadaannya menunjukkan prospek yang cukup baik di masa mendatang. Pemasaran komoditas jeruk siam hingga saat ini masih sangat tergantung pada peran tengkulak sebagai lembaga pemasaran yang berhubungan langsung dengan petani pada kegiatan usahataninya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pendapatan yang diterima petani pada usahatani jeruk siam, mengetahui efisiensi penggunaan biaya pada usahatani jeruk siam, mengetahui faktor-faktor yang mendasari pengambilan keputusan petani dalam memasarkan jeruk siam melalui tengkulak dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan petani jeruk siam di Desa Wringinagung Kecamatan Gambiran. Penentuan daerah penelitian didasarkan pada metode disengaja (Purposive Method) yaitu Desa Wringinagung Kecamatan Gambiran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan analitis. Metode pengambilan contoh dilakukan dengan metode Disproportinate Stratified Random Sampling. Metode pengumpulan data meliputi data primer dan data sekunder dengan cara survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pendapatan rata-rata petani pertahun pada usahatani jeruk siam adalah sebesar Rp 10.123.755,00; (2) Nilai R/C ratio pada usahatani jeruk siam sebesar 3,52, berarti bahwa penggunaan biaya pada kegiatan usahatani jeruk siam adalah efisien; (3) Faktor sosial ekonomi yang berpengaruh dalam pengambilan keputusan pemasaran jeruk siam melalui tengkulak adalah pengalaman dan kebutuhan mendesak. Sedangkan faktor yang iv tidak berpengaruh adalah resiko; (4) Faktor-faktor yang berpengaruh nyata terhadap pendapatan usahatani jeruk siam adalah harga, biaya pupuk, biaya tenaga kerja dan produksi. Faktor-faktor yang berpengaruh tidak nyata terhadap pendapatan usahatani jeruk siam adalah biaya obat dan lembaga pemasaran yang dipilih. Pengembangan kegiatan usahatani jeruk siam kedepannya dalam upaya meningkatkan pendapatan petani perlu adanya kerjasama antar petani jeruk siam melalui wadah kelompok tani untuk meningkatkan kemampuan tawar petani dalam pemasaran jeruk siam. Peran KUD perlu ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan petani baik kebutuhan pinjaman keuangan maupun kredit saprodi tidak hanya bagi kegiatan usahatani tanaman pangan tapi juga untuk kegiatan usahatani jeruk siam.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17461
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4417]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository