ANALISIS BRAND LOYALTY PENGGUNA KARTU SELULER BERBASIS INTERNET MEREK SMART TELECOM DI KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “ Analisis Brand Loyalty Pengguna kartu Seluler
Berbasis Internet Merek Smart Telecom di Kota Jember “. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis loyalitas merek pada konsumen khususnya pada masyarakat
pelanggan kartu seluler barbasis Internet merek Smart Telecom di Kota Jember,
hal ini dimaksudkan untuk mengetahui ukuran keterkaitan pelanggan kepada
sebuah merek yang mampu memberikan gambaran tentang mungkin tidaknya
seorang pelanggan beralih ke merek produk lain, terutama jika pada merek
tersebut didapati adanya perubahan baik menyangkut tarif ataupun atribut yang
lain. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan metode pengumpulanya
menggunakan informasi yang didapatkan berasal dari responden dengan
menggunakan kuesioner. Responden dalam penelitian ini sebanyak 60 orang
dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Alat analisis yang digunakan
adalah alat analisis pengujian instrumen yaitu Person Product Moment dan uji
reliabilitas Cronbach alpha. Metode analisis data yang digunakan adalah rata-rata,
standar deviasi, brand swiching pattern matrix, dan piramida brand loyalty. Hasil
dari perhitungan yang didapat dari kartu seluler berbasis Internet, konsumen
paling banyak pada tingkat liking the brand yaitu sebesar 71,67%, satisfied buyer
56,67%, habitual buyer 46,67% sedangkan ditingkat terendah switcher sebesar
23,33% dan committed buyer sebesar 43,33%. Hal ini mengindikasikan bahwa
kartu seluler berbasis Internet merek Smart telecom mendekati tingkatan loyalitas
merek yang kuat. Berdasarkan matrik perpindahan merek, kartu seluler berbasis
Internet merek Smart Telecom di Kota jember tingkat kemungkinan perpindahan
merek sebesar 20,00%.