• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS ELEMEN-ELEMEN BRAND EQUITY PADA PRODUK KARTU SELULER PRABAYAR SIMPATI, IM3, DAN JEMPOL (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-grey-2008-sigitsuryo-2114-sigitsu-u_1.pdf (123.2Kb)
    Date
    2014-01-19
    Author
    Sigit Suryo Nugroho
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jumlah dari Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember adalah 545 Mahasiswa. Dari jumlah tersebut diambil 10 % dari setiap angkatan untuk dijadikan sampel, mulai dari angkatan 2003 sampai dengan angkatan 2006. Sehingga diperoleh total sampel 55 responden. Berdasarkan pada tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui respon konsumen terhadap elemen-elemen brand equity pada Simpati, IM3, dan Jempol maka penulis memilih metode analisis data yang dinilai telah mencakup semua kapasitas variabel yang ditetapkan, ialah: Uji Realibilitas Spearman-Brown, Uji Validitas, Analisis Deskriptif, Tes Cohran, Ratarata dan Standar Deviasi, Diagram Performance-Importance, Piramida Brand Loyalty, Brand Switching Patern Matrix. Metode penelitian yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah metode analisis desktiptif. Hasil dalam penelitian ini terdapat beberapa fenomena menarik, diantaranya merek yang pertama kali disebut oleh responden jika ditanya tentang merek kartu seluler prabayar apa yang paling diingat, mayoritas responden menyebut merek Simpati yang paling mereka ingat. Berdasarkan pada tujuh asosiasi yang telah diujikan, dari ketiga merek yang diteliti yaitu Simpati, IM3 dan Jempol, ternyata konsumen dari Jempol menganggap bahwa Jempol layak untuk mendapatkan seluruh atribut asosiasi. Untuk Performance-Importance, didapat informasi bahwa masingmasing merek telah mengembangkan atribut-atribut yang berbeda-beda, ini merupakan salah satu bentuk strategi yang dilakukan oleh masing-masing provider untuk merebut pasar. Sedangkan untuk ukuran loyalitas pelanggan posisi Simpati justru paling lemah, padahal dalam diskripsi sebelumnya posisi Simpati berada pada Top of Mind, sehingga untuk jangka ke depan jika Simpati tidak mengembangkan strateginya maka bukan suatu kemustahilan jika banyak pelanggan Simpati yang akan beralih merek ke merek lain. Disarankan untuk penelitian selanjutnya hendak memperluas populasi dan menambah jumlah sampel penelitian agar jangkauan hasil penelitian lebih baik dan akurat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17293
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12462]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository