Show simple item record

dc.contributor.authorAris Prasetyo Hadi
dc.date.accessioned2014-01-19T04:02:20Z
dc.date.available2014-01-19T04:02:20Z
dc.date.issued2014-01-19
dc.identifier.nimNIM060210102182
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17263
dc.description.abstractBerdasarkan data observasi awal yang dilaksanakan pada tanggal 14 0ktober 2010 di Kelas VIII B SMP Negeri 1 Pujer, ketuntasan hasil belajar fisika siswa rendah. Data ulangan harian kelas VIII B dari 39 siswa hanya 35,9% yang mendapatkan nilai ≥ 66, sedangkan siswa lainnya mendapatkan nilai < 66. Aktivitas belajar siswa juga tergolong rendah yaitu dari 39 siswa hanya 10 siswa yang serius memperhatikan pelajaran. Saat guru memberi kesempatan bertanya, siswa tidak ada yang bertanya. Saat guru memberi kesempatan mengerjakan soal di papan tulis, tidak ada siswa yang berani maju mengerjakan. Hasil observasi tersebut menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa sangat rendah pada proses pembelajaran fisika di kelas. Berdasarkan uraian di atas, maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan pemberian tugas pada kelas VIII B SMP Negeri 1 Pujer. Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa di kelas tersebut. Penelitian ini mengajukan rumusan masalah bagaimanakah penggunaan pembelajaran model STAD dengan pemberian tugas dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pujer. Model STAD (Student Teams Achievement Division) merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif. Pada STAD, siswa ditempatkan dalam tim belajar beranggotakan 4-5 orang yang merupakan campuran menurut tingkat prestasi, jenis kelamin, dan suku. Kegiatan pembelajaran diawali dengan penyampaian tujuan pembelajaran, penyampaian materi, kegiatan kelompok, kuis, dan penghargaan kelompok. Melalui tahapan tersebut siswa akan saling berinteraksi dalam mempelajari materi sehingga membuat siswa aktif dalam berdiskusi dalam kelompok. Kuis akan membuat siswa lebih giat dalam belajar dan berkompetisi untuk meraih hasil terbaik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas VIII B SMP Negeri 1 Pujer tahun ajaran 2010-2011. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan skor aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa pada prasiklus, siklus I, dan siklus II, serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Aktivitas belajar siswa dengan pembelajaran dengan model STAD (Student Teams Achievement Division) mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus 1 dan siklus 2. Pada prasiklus aktivitas siswa secara klasikal sebesar 48,43% yang termasuk dalam kriteria sedang. Pada siklus 1 aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 15,5% menjadi 63,93% yang termasuk dalam kriteria aktif. Pada siklus 2 aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 24,22% menjadi 72,65% yang termasuk dalam kriteria aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran dengan model STAD (Student Teams Achievement Division) diikuti peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari prasiklus ke siklus 1 dan siklus 2. Pada prasiklus ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 43,59% dari seluruh jumlah siswa. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sehingga ketuntasan hasil belajar menjadi 74,36%. Pada siklus 2 ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 84,62%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210102182;
dc.subjectAKTIVITAS BELAJAR,STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION)en_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN PEMBELAJARAN MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 PUJERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record