• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN PEMBELAJARAN MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 PUJER

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (121)xx_1.pdf (1.355Mb)
    Date
    2014-01-19
    Author
    Aris Prasetyo Hadi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan data observasi awal yang dilaksanakan pada tanggal 14 0ktober 2010 di Kelas VIII B SMP Negeri 1 Pujer, ketuntasan hasil belajar fisika siswa rendah. Data ulangan harian kelas VIII B dari 39 siswa hanya 35,9% yang mendapatkan nilai ≥ 66, sedangkan siswa lainnya mendapatkan nilai < 66. Aktivitas belajar siswa juga tergolong rendah yaitu dari 39 siswa hanya 10 siswa yang serius memperhatikan pelajaran. Saat guru memberi kesempatan bertanya, siswa tidak ada yang bertanya. Saat guru memberi kesempatan mengerjakan soal di papan tulis, tidak ada siswa yang berani maju mengerjakan. Hasil observasi tersebut menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa sangat rendah pada proses pembelajaran fisika di kelas. Berdasarkan uraian di atas, maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan pemberian tugas pada kelas VIII B SMP Negeri 1 Pujer. Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa di kelas tersebut. Penelitian ini mengajukan rumusan masalah bagaimanakah penggunaan pembelajaran model STAD dengan pemberian tugas dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Pujer. Model STAD (Student Teams Achievement Division) merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif. Pada STAD, siswa ditempatkan dalam tim belajar beranggotakan 4-5 orang yang merupakan campuran menurut tingkat prestasi, jenis kelamin, dan suku. Kegiatan pembelajaran diawali dengan penyampaian tujuan pembelajaran, penyampaian materi, kegiatan kelompok, kuis, dan penghargaan kelompok. Melalui tahapan tersebut siswa akan saling berinteraksi dalam mempelajari materi sehingga membuat siswa aktif dalam berdiskusi dalam kelompok. Kuis akan membuat siswa lebih giat dalam belajar dan berkompetisi untuk meraih hasil terbaik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas VIII B SMP Negeri 1 Pujer tahun ajaran 2010-2011. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan skor aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa pada prasiklus, siklus I, dan siklus II, serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Aktivitas belajar siswa dengan pembelajaran dengan model STAD (Student Teams Achievement Division) mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus 1 dan siklus 2. Pada prasiklus aktivitas siswa secara klasikal sebesar 48,43% yang termasuk dalam kriteria sedang. Pada siklus 1 aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 15,5% menjadi 63,93% yang termasuk dalam kriteria aktif. Pada siklus 2 aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 24,22% menjadi 72,65% yang termasuk dalam kriteria aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran dengan model STAD (Student Teams Achievement Division) diikuti peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari prasiklus ke siklus 1 dan siklus 2. Pada prasiklus ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 43,59% dari seluruh jumlah siswa. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sehingga ketuntasan hasil belajar menjadi 74,36%. Pada siklus 2 ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 84,62%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17263
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository