• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kesiapan Guru Fisika SMAN dalam Melaksanakan Pembelajaran Fisika dengan KBK (Studi pada Guru Fisika di SMAN se-Kotatif Jember);

    Thumbnail
    View/Open
    rahmadhart_1.pdf (25.62Kb)
    Date
    2014-01-19
    Author
    Rahmad Hartono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu prosedur peningkatan mutu pendidikan adalah melalui perubahan kurikulum dari kurikulum 1994 ke Kurikulum 2004 yang dikenal dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Guru sebagai faktor penting dalam pelaksanaan pendidikan di kelas, harus mampu memahami atau menerjemahkan berbagai perubahan/perbedaan antara kurikulum 1994 dengan Kurikulum 2004. Tujuan penelitian adalah untuk: 1) mengkaji kesiapan guru Fisika dalam melaksanakan pembelajaran fisika dengan KBK, 2) mengkaji kendala yang dihadapi guru Fisika dalam melaksanakan pembelajaran dengan KBK 3) mengkaji upaya-upaya yang pernah dikembangkan guru Fisika dalam melaksanakan KBK. Hasil penelitian diharapkan dapat membantu kesiapan guru/calon guru dan pihak terkait dalam menerapkan kurikulum baru. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Mengambil sampel secara purposive sampling , yaitu perwakilan salah satu guru fisika di setiap SMAN se-Kotatif Jember. Sumber data terdiri dari guru, dan dokumentasi KBM serta informan terkait. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru fisika dalam melaksanakan pembelajaran dengan KBK kurang; kendala-kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran adalah: kurangnya pemahaman konsep KBK, kurangnya kemauan positif untuk melakasanakan KBK, dan pekerjaan sampingan guru; upaya yang pernah dikembangkan guru dalam menerapkan KBK: membuat kelompok belajar siswa, menggunakan metode demonstrasi, dan melakukan penilaian afektif dan psikomotor.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17260
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository