ANALISIS PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERUMAHAN PURI BUNGA NIRWANA JEMBER
Abstract
Promosi dan komunikasi terangkum dalam bauran promosi yang memuat  
kombinasi  strategi  yang  paling  baik  dari variabel- variabel  biaya periklanan,  
biaya personal  selling  dan  biaya promosi,   yang semuanya  direncanakan  untuk  
mencapai  tujuan  dari  program  penjualan: meningkatkan jumlah penjualan agar
meningkat pula jumlah laba yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh biaya promosi yang terdiri dari : biaya periklanan, biaya 
personal sellling, dan biaya promosi penjualan terhadap volume penjualan secara
bersama-sama, untuk mengetahui pengaruh biaya promosi yang terdiri dari : 
periklanan, personal sellling dan promosi penjualan terhadap volume penjualan
secara parsial. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data
berdasarkan rangkaian waktu (time series). Penelitian ini merupakan  explanatory 
research, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabelvariabel
penelitian melalui pengujian hipotesis. Alat analisis yang dipergunakan 
dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil studi
menunjukkan bahwa variabel biaya periklanan, biaya personal selling, dan biaya
promosi penjualan secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap 
volume penjualan, biaya periklanan merupakan variabel bebas yang memiliki
pengaruh paling besar terhadap volume penjualan.
