ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK SEPEDA MOTOR YAMAHA V-IXION PADA KONSUMEN UD. BUDI JAYA MOTOR BANYUWANGI
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Sepeda Motor Yamaha V- ixion
Pada Konsumen UD. Budi Jaya Motor Banyuwangi ”. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan
konsumen terhadap pembelian produk sepeda motor Yamaha V- ixion pada
konsumen UD. Budi Jaya Motor Banyuwangi. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh konsumen pengambil keputusan pembelian sepeda motor Yamaha
V-ixion pada UD. Budi Jaya Motor Banyuwangi yang berdomisili di kota
Banyuwangi. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling
dengan jumlah responden sebanyak 57 orang. Variabel yang digunakan yaitu
sebanyak 12 variabel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis faktor.
Analisis faktor digunakan untuk mereduksi data atau meringkas sejumlah variabel
menjadi lebih sedikit dan menamakannya sebagai faktor, namun masih memuat
sebagian besar informasi yang terkandung dalam variabel asli. Dalam penelitian
ini analisis faktor digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
keputusan konsumen dalam pembelian produk sepeda motor Yamaha V- ixion
untuk tetap menggunakan sepeda motor Yamaha V-ixion yang digunakannya.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dari 12 variabel yang diteliti,
dihasilkan 2 faktor baru yang terbentuk, yaitu faktor psikologis dan faktor sosial
serta faktor kebudayaan yang nantinya penelitian ini diharapkan lebih mampu
meningkatkan kedua faktor yang telah dibentuk.