Show simple item record

dc.contributor.authorNihat Lubenna
dc.date.accessioned2014-01-19T01:54:46Z
dc.date.available2014-01-19T01:54:46Z
dc.date.issued2014-01-19
dc.identifier.nimNIM030210101078
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17193
dc.description.abstractUsia Taman Kanak-kanak (TK) merupakan usia emas ( golden age ) untuk menerima rangsangan yang hanya datang sekali dan tidak bisa diulang, sekaligus fase yang sangat menentukan untuk pengembangan kualitas manusia selanjutnya. Akan tetapi, banyak TK yang menekankan programnya untuk mengajar anak berkemampuan membaca, menulis dan berhitung yang diselenggarakan seperti di Sekolah Dasar (SD) dengan mengabaikan prinsip-prinsip pembelajaran di TK. Bahkan banyak TK yang melaksanakan les hitung untuk mempersiapkan anak masuk SD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan kognitif anak usia TK pada konsep bilangan yang meliputi (1) membilang (2) menghubungkan kumpulan benda dengan lambang bilangan dan (3) membedakan 2 kumpulan benda berdasarkan jumlahnya. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode tes. Tes yang digunakan adalah tes lisan ( oral test ). Hal ini disebabkan anak usia TK belum bisa mengungkapkan jawaban dalam bentuk tulisan. Tes yang dilakukan melalui 2 tahap yaitu (1) tes yang menggunakan objek-objek riil dan (2) tes yang menggunakan alat bantu berupa gambar . Objek-objek riil yang digunakan yaitu kelereng dan mata uang logam, sedangkan gambar dikemas dalam Kompetensi Kognitif atau Lembar Kerja Siswa (LKS). Analisis data yang dilakukan adalah analisis statistik deskriptif yaitu dengan menggunakan persentase. Data yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu (1) kemampuan kognitif anak dalam membilang dari 1 sampai 20 (2) kemampuan kognitif anak dalam menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan viii benda-benda yang berjumlah 1 sampai 10 dan (3) kemampuan kognitif anak dalam membedakan dua kumpulan benda yang sama, tidak sama, lebih sedikit dan lebih banyak jumlahnya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam membilang 1 sampai 20 di TK AT-TAQWA Kalisat tahun ajaran 2006/2007 yakni 20,59% baik sekali; 14,71% baik; 35,29% cukup; 8,82% kurang dan 20,59% kurang sekali. Kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam mengubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda dari 6 sampai 10 di TK AT-TAQWA Kalisat tahun ajaran 2006/2007 yakni 73,53% baik sekali; 8,82% baik; 8,82% cukup; 2,94% kurang dan 5,88% kurang sekali. Kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam membedakan 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya di TK AT-TAQWA Kalisat tahun ajaran 2006/2007 yakni 17,65% baik sekali; 5,88% baik; 14,71% cukup; 8,82% kurang dan 52,94% kurang sekali. Sedangkan, kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam membedakan 2 kumpulan benda yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit jumlahnya di TK AT-TAQWA Kalisat tahun ajaran 2006/2007 yakni 11,76% baik sekali; 5,88% baik; 44,18% cukup; 8,82% kurang dan 29,41% kurang sekali.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries030210101078;;
dc.subjectKemampuan Kognitifen_US
dc.titleKemampuan Kognitif Anak Usia Taman Kanak-Kanak Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) dalam Konsep Bilangan di TK AT-TAQWA Kalisat Tahun Ajaran 2006/2007 ;en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record