Kemampuan Kognitif Anak Usia Taman Kanak-Kanak Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) dalam Konsep Bilangan di TK AT-TAQWA Kalisat Tahun Ajaran 2006/2007 ;
Abstract
Usia Taman Kanak-kanak (TK) merupakan usia emas ( golden age ) untuk 
menerima rangsangan yang hanya datang sekali dan tidak bisa diulang, sekaligus fase 
yang sangat menentukan untuk pengembangan kualitas manusia selanjutnya. Akan 
tetapi, banyak TK yang menekankan programnya untuk mengajar anak 
berkemampuan membaca, menulis dan berhitung yang diselenggarakan seperti di 
Sekolah Dasar (SD) dengan mengabaikan prinsip-prinsip pembelajaran di TK. 
Bahkan banyak TK yang melaksanakan les hitung untuk mempersiapkan anak masuk 
SD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan kognitif anak usia TK pada 
konsep bilangan yang meliputi (1) membilang (2) menghubungkan kumpulan benda 
dengan lambang bilangan dan  (3) membedakan 2 kumpulan benda berdasarkan 
jumlahnya. 
Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode tes. Tes yang digunakan 
adalah tes lisan ( oral test ). Hal ini disebabkan anak usia TK belum bisa 
mengungkapkan jawaban dalam bentuk tulisan. Tes yang dilakukan melalui 2 tahap 
yaitu (1) tes yang menggunakan objek-objek riil  dan (2) tes yang menggunakan alat 
bantu berupa gambar . Objek-objek riil yang digunakan yaitu kelereng dan mata uang 
logam, sedangkan gambar dikemas dalam Kompetensi Kognitif atau Lembar Kerja 
Siswa (LKS). 
Analisis data yang dilakukan adalah analisis statistik deskriptif yaitu dengan 
menggunakan persentase. Data yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu (1) 
kemampuan kognitif anak dalam membilang dari 1 sampai 20 (2) kemampuan 
kognitif anak dalam menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan 
 viii
benda-benda yang berjumlah 1 sampai 10 dan (3) kemampuan kognitif anak dalam 
membedakan dua kumpulan benda yang sama, tidak sama, lebih sedikit dan lebih 
banyak jumlahnya. 
 Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak usia 5-6 
tahun dalam membilang 1 sampai 20 di TK AT-TAQWA Kalisat tahun ajaran 
2006/2007 yakni 20,59% baik sekali; 14,71% baik; 35,29% cukup; 8,82% kurang dan 
20,59% kurang sekali. Kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam 
mengubungkan atau memasangkan lambang bilangan  dengan benda-benda dari 6 
sampai 10 di TK AT-TAQWA Kalisat tahun ajaran 2006/2007 yakni 73,53% baik 
sekali; 8,82% baik; 8,82% cukup; 2,94% kurang dan 5,88% kurang sekali. 
Kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam membedakan 2 kumpulan benda 
yang sama jumlahnya di  TK AT-TAQWA Kalisat tahun ajaran 2006/2007 yakni 
17,65% baik sekali; 5,88% baik; 14,71% cukup; 8,82% kurang dan 52,94% kurang 
sekali. Sedangkan, kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam membedakan 2 
kumpulan benda yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit jumlahnya di  TK 
AT-TAQWA Kalisat tahun ajaran 2006/2007 yakni 11,76% baik sekali; 5,88% baik; 
44,18% cukup; 8,82% kurang dan 29,41% kurang sekali.
