• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT ( DI KELAS VII SMP SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    SOFIATUN NISA - 080210191050_1.pdf (106.8Kb)
    Date
    2014-01-18
    Author
    Sofiatun Nisa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu cara meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan penguasaan terhadap ilmu pengetahuan khususnya matematika. Peningkatan penguasaan matematika tidak lepas dari proses belajar mengajar di sekolah. Langkah pertama untuk meningkatkan penguasaan tersebut adalah dengan menumbuhkan motivasi pada diri siswa. Salah satu strategi yang cocok untuk meningkatkan motivasi siswa agar belajar lebih aktif adalah dengan melakukan variasai pembelajaran matematika yaitu dengan melaksanakan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT NHT Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Selama proses pembuatan perangkat pembelajaran, peneliti juga mendesain dan mengembangkan lembar validasi, lembar observasi aktivitas guru dan siswa yang akan digunakan selama pembelajaran berlangsung, dan angket respon siswa. Validasi perangkat dilakukan oleh 1 Dosen Matematika FKIP Universitas Jember yaitu Drs. Totok Bara Setiawan, M.Si dan 2 guru matematika SMP Negeri 5 Jember yaitu Ir. Djarot Martono H., A.Md., Pd dan Mohamad Subarno, S.Pd., M.Pd. Hasil validasi perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran minat siswa terhadap pembelajaran, serta angket respon guru dalam pembelajaran telah memenuhi kriteria kevalidan atau kelayakan dengan skor 0,86 dan 0,95. Perangkat dan instrumen tersebut dikatakan valid atau layak karena skor atau koefisien validitasnya lebih dari 0,60 yang berarti koefisien validitas tinggi atau sangat tinggi. Langkah setelah validasi adalah uji coba perangkat. Uji coba dilaksanakan pada tanggal 27 April 2012 sampai 5 Juni 2012 di SMP Negeri 5 Jember kelas VII A dan VII D. Adapun data yang diperoleh adalah aktivitas guru di kelas VII A dalam menerapkan pembelajaran matematika di dalam kelas pada pertemuan pertama sampai pertemuan keenam mencapai 88,17%, sedangkan aktivitas guru di kelas VII D dalam menerapkan pembelajaran matematika di dalam kelas pada pertemuan pertama sampai pertemuan keenam mencapai 92,17%. Pada pertemuan di kelas VII D artinya menunjukkan kategori cukup baik dalam peningkatan aktivitas guru setiap kali pertemuan. Dengan demikian aktivitas guru dapat dikatakan telah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran matematika di dalam kelas. Sedangkan keaktifan siswa kelas VII A pada pembelajaran pertama sampai enam mencapai 83,18% dan siswa kelas VII D pada pertemuan pertama sampai enam mencapai 83,74%. Persentase keaktifan tersebut menunjukkan kategori baik dan sangat baik, artinya sebagian besar siswa aktif mengikuti pembelajaran matematika di dalam kelas. Hasil belajar menunjukkan peningkatan nilai rata-rata hasil tes akhir siswa kelas VIIA mencapai 75,66 dan tidak lebih dari 13% siswa mendapat nilai ujian kurang dari 70
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17047
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3451]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository