Show simple item record

dc.contributor.authorMartha Citra Dewi
dc.date.accessioned2014-01-18T09:11:31Z
dc.date.available2014-01-18T09:11:31Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM070210191161
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17027
dc.description.abstractBerdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan kepada guru matematika kelas VII SMP Negeri 1 Pakusari, metode pembelajaran yang sering digunakan adalah metode ceramah. Pembelajaran tersebut masih berorientasi pada guru yaitu guru menerangkan dan siswa hanya mendengarkan saja. Selain itu siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Kurangnya partisipasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran menyebabkan hasil belajar siswa rendah dan ketuntasan hasil belajar siswa di bawah SKM Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran matematika realistik, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan pembelajaran matematika realistik pada sub pokok bahasan layang-layang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Pakusari semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Pengambilan data dimulai pada tanggal 4 April sampai dengan 21 April 2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Model skema yang diguna kan adalah model skema penelitian Hopkins di setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika realistik pada sub pokok bahasan layang-layang kelas VII SMP Negeri 1 Pakusari semester genap tahun pelajaran 2011/2012 dapat dilaksanakan melalui langkah-langkah yang disesuaikan dengan pembelajaran matemat ika realistik yaitu Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran matematika realistik cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi layang-layang. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase aktivitas dan ketuntasan hasil belajar matematika di kelas pada tiap siklusnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210191161;
dc.subjectMatematika Realistik, Menyisipkan Nilai Karakteren_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MENYISIPKAN NILAI KARAKTER PADA SUB POKOK BAHASAN LAYANG-LAYANG DI KELAS VII SMP NEGERI 1 PAKUSARI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record