PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MENYISIPKAN NILAI KARAKTER PADA SUB POKOK BAHASAN LAYANG-LAYANG DI KELAS VII SMP NEGERI 1 PAKUSARI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan kepada guru matematika
kelas VII SMP Negeri 1 Pakusari, metode pembelajaran yang sering digunakan
adalah metode ceramah. Pembelajaran tersebut masih berorientasi pada guru yaitu
guru menerangkan dan siswa hanya mendengarkan saja. Selain itu siswa kurang aktif
dalam pembelajaran. Kurangnya partisipasi dan keterlibatan siswa dalam
pembelajaran menyebabkan hasil belajar siswa rendah dan ketuntasan hasil belajar
siswa di bawah SKM
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran
matematika realistik, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan
pembelajaran matematika realistik pada sub pokok bahasan layang-layang. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Pakusari semester genap tahun
pelajaran 2011/2012.
Pengambilan data dimulai pada tanggal 4 April sampai dengan 21 April 2012.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Model skema yang diguna kan
adalah model skema penelitian Hopkins di setiap siklus terdiri dari perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika realistik
pada sub pokok bahasan layang-layang kelas VII SMP Negeri 1 Pakusari semester
genap tahun pelajaran 2011/2012 dapat dilaksanakan melalui langkah-langkah yang
disesuaikan dengan pembelajaran matemat ika realistik yaitu
Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran
matematika realistik cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
materi layang-layang. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase aktivitas dan
ketuntasan hasil belajar matematika di kelas pada tiap siklusnya.