PENERAPAN MODEL POE (PREDICTION, OBSERVATION, EXPLANATION) DISERTAI TEKNIK MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
Abstract
Penerapan Model POE (Prediction, Observation, Explanation) disertai Teknik
Mind Mapping dalam Pembelajaran Fisika di SMP; Mutmainnah Nur
Hidayati; 070210102013; 2011; 54 Halaman; Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), yaitu suatu
ilmu yang mempelajari gejala dan peristiwa atau fenomena alam serta berusaha
untuk mengungkap segala rahasia dan hukum semesta. Fisika tidak hanya berisi
teori-teori atau rumus-rumus untuk dihafal tetapi fisika juga berisi banyak konsep
yang harus difahami secara mendalam. Hakikat pembelajaran fisika adalah
membahas, mengkaji, dan membuktikan adanya fakta dan asumsi tentang gejalagejala
fisika. Dengan demikian, siswa dituntut untuk dapat membangun
pengetahuan mereka melalui peran aktifnya dalam Kegiatan Belajar Mengajar
(KBM). Sesuai dengan sifat fisika diperlukan suatu pembelajaran yang cocok
dengan sifat ilmu fisika tersebut. Salah satunya adalah model pembelajaran yang
berorientasi pada pandangan konstruktivistik yang berkembang, antara lain
pembelajaran model POE (Prediction, Observation, Explanation) disertai Teknik
Mind Mapping.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) apakah terdapat perbedaan
yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model POE
(Prediction, Observation, Explanation) disertai teknik Mind Mapping dengan
menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP?. (2) bagaimanakah
aktivitas belajar fisika siswa selama proses pembelajaran menggunakan model
POE (Prediction, Observation, Explanation) disertai teknik Mind Mapping di
SMP?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji adanya perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model POE (Prediction,
Observation, Explanation) disertai teknik Mind Mapping dengan menggunakan
model pembelajaran konvensional di SMP. (2) mendeskripsikan aktivitas belajar
fisika siswa menggunakan model POE (Prediction, Observation, Explanation)
disertai teknik Mind Mapping di SMP.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian
ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 4 Jember dengan populasinya adalah empat kelas.
Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan
sampel penelitian dengan cluster random sampling, dengan kelas VII C sebagai
kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian
menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah pertama
adalah menggunakan uji t, dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab
rumusan masalah yang kedua.
Simpo PDF Merge and Split Unregistered Version - http://www.simpopdf.com