• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL POE (PREDICTION, OBSERVATION, EXPLANATION) DISERTAI TEKNIK MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    64_1.pdf (1.238Mb)
    Date
    2014-01-18
    Author
    Mutmainnah Nur Hidayati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan Model POE (Prediction, Observation, Explanation) disertai Teknik Mind Mapping dalam Pembelajaran Fisika di SMP; Mutmainnah Nur Hidayati; 070210102013; 2011; 54 Halaman; Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), yaitu suatu ilmu yang mempelajari gejala dan peristiwa atau fenomena alam serta berusaha untuk mengungkap segala rahasia dan hukum semesta. Fisika tidak hanya berisi teori-teori atau rumus-rumus untuk dihafal tetapi fisika juga berisi banyak konsep yang harus difahami secara mendalam. Hakikat pembelajaran fisika adalah membahas, mengkaji, dan membuktikan adanya fakta dan asumsi tentang gejalagejala fisika. Dengan demikian, siswa dituntut untuk dapat membangun pengetahuan mereka melalui peran aktifnya dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Sesuai dengan sifat fisika diperlukan suatu pembelajaran yang cocok dengan sifat ilmu fisika tersebut. Salah satunya adalah model pembelajaran yang berorientasi pada pandangan konstruktivistik yang berkembang, antara lain pembelajaran model POE (Prediction, Observation, Explanation) disertai Teknik Mind Mapping. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model POE (Prediction, Observation, Explanation) disertai teknik Mind Mapping dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP?. (2) bagaimanakah aktivitas belajar fisika siswa selama proses pembelajaran menggunakan model POE (Prediction, Observation, Explanation) disertai teknik Mind Mapping di SMP?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model POE (Prediction, Observation, Explanation) disertai teknik Mind Mapping dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP. (2) mendeskripsikan aktivitas belajar fisika siswa menggunakan model POE (Prediction, Observation, Explanation) disertai teknik Mind Mapping di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Jember dengan populasinya adalah empat kelas. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling, dengan kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah pertama adalah menggunakan uji t, dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Simpo PDF Merge and Split Unregistered Version - http://www.simpopdf.com
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17025
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository