Show simple item record

dc.contributor.authorDANANG SETYAWAN
dc.date.accessioned2014-01-18T05:41:41Z
dc.date.available2014-01-18T05:41:41Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM060210391140
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16932
dc.description.abstractPendidikan merupakan salah satu faktor utama bagi pengembangan sumber daya manusia karena pendidikan diyakini mampu meningkatkan sumber daya manusia, sehingga dapat menciptakan manusia produktif yang mampu memajukan bangsanya. Pendidikan dalam arti luas didalamnya terkandung pengertian mendidik, membimbing, mengajar dan melatih. Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang, baik dalam keluarga, masyarakat, dan bangsa. Tanggung jawab pendidikan di Indonesia merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat baik tenaga pendidik formal maupun informal. Masa depan bangsa tergantung dari para generasi muda, sehingga pendidikan bagi generasi muda sangat penting demi kemajuan bangsa. Kualitas pendidikan juga harus sesuai dan bermutu sehingga semua pihak harus mendukung bagi terselengaranya pendidikan di Indonesia. Keberhasilan seorang siswa dalam belajar dapat dilihat dari prestasi belajar yang di peroleh siswa tersebut. Di sekolah siswa akan dinilai keberhasilannya melaui tes hasil belajar. Hasil yang diharapkan adalah prestasi yang baik karena setiap orang menginginkan prestasi yang maksimal, baik siswa, guru, sekolah maupun orang tua. Antara siswa satu dengan yang lainnya berbeda dalam pencapaian pretasi belajarnya. Ada yang mampu mencapai prestasi yang tinggi, namun ada juga siswa yang rendah prestasi belajarnya. Keberhasilan siswa dipengaruhi banyak faktor diantaranya disiplin belajar dan dukungan orang tua. Apabila kedua aspek tersebut terpenuhi dengan baik maka dalam proses belajar siswa bisa lebih optimal dan memperoleh hasil prestasi yang maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari disiplin belajar dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X di SMA N 1 Leces Kabupaten Probolinggo tahun ajaran 2010/2011, serta mengetahui pengaruh yang paling dominan diantara disipin belajar dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu simple random sampling dengan sampel sebanyak 73 siswa, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial. Berdasarkan uji F menunjukkan bahwa disiplin belajar (X1) dan dukungan orang tua (X2) berpengaruh secara nyata terhadap prestasi belajar (Y). Dibuktikan pada hasil perhitungan Fhitung sebesar 77,043 > Ftabel 3,12 dan α = 0,05 > sig F = 0,000, yang berarti bahwa disiplin belajar dan dukungan orang tua mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA N 1 Leces tahun ajaran 2010/2011, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel disiplin belajar dan dukungan orang tua secara simultan mempunyai pengaruh yang nyata terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan uji t menunjukkan bahwa disiplin belajar berpengaruh sebesar 34,70% dengan t sebesar 6,073. Sedangkan dukungan orang tua berpengaruh sebesar 34,05 % dengan t hitung hitung sebesar 5,989 Berdasarkan perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa tidak ada variabel bebas yang berpengaruh lebih dominan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar dan dukungan orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Adapun pengaruhnya dapat dilihat secara simultan dan parsial, jadi sangat penting penerapan disiplin belajar dan dukungan orang tua untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210391140;
dc.subjectDISIPLIN BELAJAR DAN DUKUNGAN ORANG TUAen_US
dc.titlePENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Leces Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record