PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Leces Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2010/2011)
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu faktor utama bagi pengembangan sumber
daya manusia karena pendidikan diyakini mampu meningkatkan sumber daya
manusia, sehingga dapat menciptakan manusia produktif yang mampu memajukan
bangsanya. Pendidikan dalam arti luas didalamnya terkandung pengertian mendidik,
membimbing, mengajar dan melatih. Dalam keseluruhan proses pendidikan di
sekolah, kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Pendidikan
merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan
seseorang, baik dalam keluarga, masyarakat, dan bangsa. Tanggung jawab pendidikan
di Indonesia merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat baik tenaga pendidik
formal maupun informal. Masa depan bangsa tergantung dari para generasi muda,
sehingga pendidikan bagi generasi muda sangat penting demi kemajuan bangsa.
Kualitas pendidikan juga harus sesuai dan bermutu sehingga semua pihak harus
mendukung bagi terselengaranya pendidikan di Indonesia.
Keberhasilan seorang siswa dalam belajar dapat dilihat dari prestasi belajar
yang di peroleh siswa tersebut. Di sekolah siswa akan dinilai keberhasilannya melaui
tes hasil belajar. Hasil yang diharapkan adalah prestasi yang baik karena setiap orang
menginginkan prestasi yang maksimal, baik siswa, guru, sekolah maupun orang tua.
Antara siswa satu dengan yang lainnya berbeda dalam pencapaian pretasi belajarnya.
Ada yang mampu mencapai prestasi yang tinggi, namun ada juga siswa yang rendah
prestasi belajarnya. Keberhasilan siswa dipengaruhi banyak faktor diantaranya
disiplin belajar dan dukungan orang tua. Apabila kedua aspek tersebut terpenuhi
dengan baik maka dalam proses belajar siswa bisa lebih optimal dan memperoleh
hasil prestasi yang maksimal.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari
disiplin belajar dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X
di SMA N 1 Leces Kabupaten Probolinggo tahun ajaran 2010/2011, serta mengetahui
pengaruh yang paling dominan diantara disipin belajar dan dukungan orang tua
terhadap prestasi belajar. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu
simple random sampling dengan sampel sebanyak 73 siswa, sedangkan metode
pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial.
Berdasarkan uji F menunjukkan bahwa disiplin belajar (X1) dan dukungan
orang tua (X2) berpengaruh secara nyata terhadap prestasi belajar (Y). Dibuktikan
pada hasil perhitungan Fhitung sebesar 77,043 > Ftabel 3,12 dan α = 0,05 > sig F =
0,000, yang berarti bahwa disiplin belajar dan dukungan orang tua mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA N 1 Leces
tahun ajaran 2010/2011, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel disiplin belajar
dan dukungan orang tua secara simultan mempunyai pengaruh yang nyata terhadap
prestasi belajar siswa. Berdasarkan uji t menunjukkan bahwa disiplin belajar
berpengaruh sebesar 34,70% dengan t
sebesar 6,073. Sedangkan dukungan orang
tua berpengaruh sebesar 34,05 % dengan t
hitung
hitung
sebesar 5,989 Berdasarkan
perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa tidak ada variabel bebas yang
berpengaruh lebih dominan terhadap prestasi belajar.
Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar dan
dukungan orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Adapun
pengaruhnya dapat dilihat secara simultan dan parsial, jadi sangat penting penerapan
disiplin belajar dan dukungan orang tua untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.