• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Leces Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2010/2011)

    Thumbnail
    View/Open
    c (201)c_1.pdf (661.0Kb)
    Date
    2014-01-18
    Author
    DANANG SETYAWAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan salah satu faktor utama bagi pengembangan sumber daya manusia karena pendidikan diyakini mampu meningkatkan sumber daya manusia, sehingga dapat menciptakan manusia produktif yang mampu memajukan bangsanya. Pendidikan dalam arti luas didalamnya terkandung pengertian mendidik, membimbing, mengajar dan melatih. Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang, baik dalam keluarga, masyarakat, dan bangsa. Tanggung jawab pendidikan di Indonesia merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat baik tenaga pendidik formal maupun informal. Masa depan bangsa tergantung dari para generasi muda, sehingga pendidikan bagi generasi muda sangat penting demi kemajuan bangsa. Kualitas pendidikan juga harus sesuai dan bermutu sehingga semua pihak harus mendukung bagi terselengaranya pendidikan di Indonesia. Keberhasilan seorang siswa dalam belajar dapat dilihat dari prestasi belajar yang di peroleh siswa tersebut. Di sekolah siswa akan dinilai keberhasilannya melaui tes hasil belajar. Hasil yang diharapkan adalah prestasi yang baik karena setiap orang menginginkan prestasi yang maksimal, baik siswa, guru, sekolah maupun orang tua. Antara siswa satu dengan yang lainnya berbeda dalam pencapaian pretasi belajarnya. Ada yang mampu mencapai prestasi yang tinggi, namun ada juga siswa yang rendah prestasi belajarnya. Keberhasilan siswa dipengaruhi banyak faktor diantaranya disiplin belajar dan dukungan orang tua. Apabila kedua aspek tersebut terpenuhi dengan baik maka dalam proses belajar siswa bisa lebih optimal dan memperoleh hasil prestasi yang maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari disiplin belajar dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X di SMA N 1 Leces Kabupaten Probolinggo tahun ajaran 2010/2011, serta mengetahui pengaruh yang paling dominan diantara disipin belajar dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu simple random sampling dengan sampel sebanyak 73 siswa, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial. Berdasarkan uji F menunjukkan bahwa disiplin belajar (X1) dan dukungan orang tua (X2) berpengaruh secara nyata terhadap prestasi belajar (Y). Dibuktikan pada hasil perhitungan Fhitung sebesar 77,043 > Ftabel 3,12 dan α = 0,05 > sig F = 0,000, yang berarti bahwa disiplin belajar dan dukungan orang tua mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA N 1 Leces tahun ajaran 2010/2011, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel disiplin belajar dan dukungan orang tua secara simultan mempunyai pengaruh yang nyata terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan uji t menunjukkan bahwa disiplin belajar berpengaruh sebesar 34,70% dengan t sebesar 6,073. Sedangkan dukungan orang tua berpengaruh sebesar 34,05 % dengan t hitung hitung sebesar 5,989 Berdasarkan perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa tidak ada variabel bebas yang berpengaruh lebih dominan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar dan dukungan orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Adapun pengaruhnya dapat dilihat secara simultan dan parsial, jadi sangat penting penerapan disiplin belajar dan dukungan orang tua untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16932
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository