• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    P E N I N G K A T A N A K T I V I T A S D A N H A S I L B E L A J A R IPA POKOK BAHASAN GAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KALIREJO KECAMATAN SUMBERMALANG K A B U P A T E N S I T U B O N D O TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    c (120)c_1.pdf (690.9Kb)
    Date
    2014-01-18
    Author
    Cicik Indrayati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini didasarkan pada pengamatan awal di lapangan, yang menunjukkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 2 Kalirejo Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo masih rendah, kebanyakan siswa memandang IPA sebagai mata pelajaran yang sulit dipahami, sehingga kurang diminati oleh sebagian siswa, padahal keberhasilan dalam belajar IPA dipengaruhi oleh minat siswa. Proses belajar-mengajar di sekolah yang berpusat pada guru meningkatkan partisipasi siswa dan memperkecil siswa untuk pasif dalam pembelajaran. Masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut; Negeri 2 Kalirejo Sumbermalang Situbondo melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah?. Selaras dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk: Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2011 sampai dengan 04 Juni 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa kelas IV adalah 20 siswa, yaitu siswa perempuan 8 dan laki-laki 12, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan Gaya dengan model pembelajaran berbasis masalah dapat memotivasi siswa untuk belajar dan membantu siswa untuk menemukan suatu konsep sendiri terhadap materi yang dipelaj ari. Kendala-kendala yang dialami dalam pembelajaran ini yaitu siswa masih mengalami kesulitan dan masih malu untuk bertanya pada guru ketika ada yang kurang mengerti dalam diskusi kelompok, solusi kendala tersebut dengan cara pemberian motivasi pada siswa untuk tidak malu-malu lagi dalam mengajukan pertanyaan, dan peneliti melatih siswa dengan kegiatan tanya jawab sebelum pembelajaran dimulai agar siswa terbiasa dengan bertanya atau menjawab pertanyaan dari guru. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah berdampak posistif terhadap aktifitas siswa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus I persentase rata-rata sebesar 66,25% dan siklus II persentase rata-rata sebesar 82,08%. Berdasarkan analisis hasil Tes Formatif dan Ulangan Harian, yaitu siswa yang tuntas dalam Tes Formatif 1 berjumlah 14 dan yang tidak tuntas 6 siswa, sehingga ketuntasan klasikal yang dicapai adalah 70,00% dan persentase siswa yang tidak tuntas sebesar 30,00%. Siswa yang tuntas dalam Tes Formatif 2 berjumlah 16 dan yang tidak tuntas 4 siswa, sehingga ketuntasan klasikal yang dicapai adalah
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16863
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository