HUBUNGAN ANTARA IKLAN SHAMPOO DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi kasus pada Mahasiswa S-1 Non Reguler (Ekstensi) Program Studi Ilmu Administrasi Niaga)
Abstract
Pemasaran merupakan kebutuhan mutlak setiap dunia usaha, dari yang
paling kecil dan sederhana sampai pada perusahaan yang berskala besar dan
bahkan paling besar. Dengan demikian pemasaran seolah-olah berfungsi sebagai
media yang mempertemukan antara dua pihak yang saling berkepentingan, yakni
produsen dan konsumen. Produsen disatu pihak berusaha menjual produknya
kepada konsumen, dipihak lain konsumen berusaha untuk mencari produk guna
memuaskan kebutuhan dan keinginannya. Produsen dalam mengenalkan
produknya kepada konsumen, harus memberikan rangsangan (stimulus) kepada
konsumen yang dapat berupa bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi).
Bauran pemasaran merupakan suatu bentuk komunikasi antara produsen dan
konsumen (Subroto dkk, 2001:38). Komunikasi tersebut sangat diperlukan
produsen tidak hanya untuk mengenalkan dan mendekatkan produknya kepada
konsumen tetapi terlebih untuk mempengaruhi konsumen dalam keputusan untuk
membeli produk tersebut. Untuk mencapai hal itu dapat menggunakan bauran
promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat
dan publisitas, penjualan pribadi dan pemasaran langsung.