PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SIMCARD IM3 (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS JEMBER)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap
keputusan pembelian sim card IM3 pada mahasiswa FISIP Universitas Jember.
Penelitian dilakukan di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Jember yang mengambil populasi pada mahasiswa S1 FISIP Universitas Jember yang
masih aktif program pada tahun ajaran 2010/2011 dan didapatkan sampel sebanyak
95 responden.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif kausal dengan
pendekatan kuantitatif. Teknik pengukuran analisis ini menggunakan tabel frekuensi
dengan skala pengukuran menggunakan skala likert. Penarikan kesimpulan ini
menggunakan metode deduktif yaitu penarikan kesimpulan dari hal-hal yang bersifat
umum ke hal-hal yang bersifat khusus.
Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara
bauran promosi terhadap keputusan pembelian sim card IM3 pada mahasiswa FISIP
Universitas Jember. Periklanan berpengaruh secara positif terhadap keputusan
pembelian sebesar 27,5% dengan nilai t hitung sebesar 2,716 > nilai t absolut yaitu 2.
Promosi penjualan berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian sebesar
22,9% dengan nilai t hitung sebesar 2,236 > nilai t absolut yaitu 2. Hubungan
masyarakat berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian sebesar 24,9%
dengan nilai t hitung sebesar 2,437 > nilai t absolut yaitu 2. Penjualan pribadi juga
berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian sebesar 25,3% dengan nilai
t hitung sebesar 2,478 > nilai t absolute yaitu 2. Tetapi walaupun menunjukkan
pengaruh yang signifikan pada interval nilai koefisien korelasi hanya menunjukkan
pengaruh yang sedang antara bauran promosi terhadap keputusan pembelian sim card
IM3 yaitu sebesar 53%. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa faktor lain yang juga
mempengaruhi keputusan pembelian selain keempat bauran promosi tersebut.
Terdapat pengaruh yang signifikan antara bauran promosi terhadap keputusan
pembelian dimana diperoleh hasil F hitung sebesar 25,368 > nilai F absolut yaitu 4.
Hasil nilai regresi linier berganda bertanda positif, hal ini menunjukkan adanya
pengaruh antara bauran promosi yang berupa periklanan, promosi penjualan,
hubungan masyarakat dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian.
Berdasarkan hasil uji koefisien korelasi dapat diketahui bahwa yang berpengaruh
paling dominan atau besar adalah penjualan pribadi sedangkan yang memiliki
pengaruh paling kecil adalah promosi penjualan.