• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE GAL’PERIN UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SUB POKOK BAHASAN SUDUT PADA SISWA KELAS VII A SEMESTER GENAP SMP NEGERI 3 BANGSALSARI JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Fathurrosi - 080210191046_1.pdf (413.1Kb)
    Date
    2014-01-18
    Author
    Fathurrosi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Didalam proses pembelajaran, kesalahan siswa dalam mengerjakan soal-soal sering ditemukan. Khususnya dalam mata pelajaran matematika subpokok bahasan sudut. Kesalahan-kesalahan siswa dapat diakibatkan oleh beberapa faktor, antara lain: kesalahan karena pengetahuan dasar yang kurang, kesalahan pemahaman konsep, kesalahan penggunaan data, kesalahan hitung, kesalahan pengertian bahasa dan kesalahan lainnya. Kurangnya pemahaman terhadap materi pelajaran membuat siswa merasa kesulitan menyelesaikan soal-soal sehingga hal ini bisa menjadi kendala terhadap prestasi belajar siswa. Jenis kesalahan yang diteliti adalah kesalahan hitung, kesalahan konsep, keslahan proses, dan kesalahan lainnya. Pada penelitian ini diterapkan Metode Gal’perin, dimana proses pembelajaran berlangsung empat tahapan yaitu orientasi, latihan, umpan balik, dan lanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Metode Gal’perin, tingkat kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal subpokok bahasan sudut, dan ketuntasan hasil belajar siswa setelah penerapan Metode Gal’perin. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMPN 3 Bangsalsari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II. Pada setiap siklus dilaksanakan observasi kegiatan guru, aktivitas siswa, dan tes akhir siklus. Pengambilan data dimulai tanggal 30 Nopember 2011 sampai tanggal 25 April 2012. Data dari hasil tes, yang dilakukan setelah kegiatan pembelajaran, dikelompokkan berdasarkan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa yang meliputi kesalahan hitung, kesalahan konsep, kesalahan proses, dan kesalahan lainnya. Berdasarkan hasil tes akhir siklus 1 dapat diketahui bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal subpokok bahasan sudut dengan rincian sebagai berikut; kesalahan hitung sebesar 11,67%, kesalahan konsep sebesar 94.50%, kesalahan proses sebesar 12,50%, dan kesalahan lain sebesar 36,67%. Sedangkan kesalahan yang dilakukan siswa mengalami penurunan pada tes akhir siklus 2 dengan rincian sebagai berikut; kesalahan hitung sebesar 6,25%, kesalahan konsep sebesar 5,21%, kesalahan proses sebesar 4,17%, dan kesalahan lain sebesar 19,79%. Kondisi ini menunjukkan bahwa persentase kesalahan siswa semakin berkurang dari siklus I ke siklus II. Data hasil observasi dibedakan menurut aktivitas guru dan siswa. Untuk aktivitas guru, pada siklus I mencapai 97,22% dan menurun pada siklus II menjadi 92,55%. Hal ini dikarenakan pada siklus II, guru tidak menganalogkan konsep materi pelajaran dengan pengetahuan yang dikenal oleh siswa. Selain itu, guru juga tidak menyuruh siswa membuat ringkasan diakhir pertemuan. Aktivitas siswa baik secara individu maupun kelompok mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas siswa (individu) meningkat dari 76,85% menjadi 85,14%, dan aktivitas siswa (kelompok) meningkat juga dari 79,63% menjadi 82,64%. Hal di atas telah membuktikan bahwa Metode Gal’perin efektif untuk menurunkan tingkat kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal subpokok bahasan sudut pada siswa kelas VIIA SMPN 3 Bangsalsari yang terlihat dari adanya penurunan persentase kesalahan siswa dan peningkatan aktivitas siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16611
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3451]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository