MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS POKOK BAHASAN MAGNET DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN SISWA KELAS V SDN SUKORAMBI 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Pola pemikiran dalam mentranformasi pengetahuan dapat dikategorikan
sebagai suatu pendidikan, karena pendidikan pada dasarnya adalah proses
transformasi informasi dan pengetahuan, baik pengetahuan eksplisit maupun yang
terkandung secara implisit, sehingga diharapkan mampu m e n j a m i n
terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa
diskriminasi dan pemilahan kedudukan serta bagi hak asasi manusia.
Proses perkembangan, Pembelajaran dan pendidikan merupakan hal yang
menarik untuk dipelajari karena Ketiga gejala tersebut terkait dengan pembelajaran.
Belajar dilakukan siswa secara individu, perkembangan dialami dan dihayati pula oleh
individu siswa. Sedangkan pendidikan merupakan kegiatan interaksi, komunimasi dan
hubungan informasi (Dimyati & Mudjiono : 2006:5). Dalam kegiatan interaksi
tersebut, pendidik atau guru bertindak mendidik si peserta didik atau siswa. Tindakan
mendidik tersebut tertuju pada perkembangan siswa menjadi mandiri. Untuk
berkembangnya kemandirian siswa dituntut harus belajar. Peningkatan Kualitas
Pendidikan menjadi keharusan dalam rangka meningkatkan sumberdaya manusia.
Pendidikan memegang peranan penting dalam pembentukan sumber daya
manusia (SDM) yang berkualitas. Pembaharuan-pembaharuan di bidang pendidikan
merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Salah
satunya adalah sains yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan yang serba
berubah untuk menjaga hubungan baik, bersosialisasi dan memahami kehidupan
itu sendiri yang pada akhirnya berguna bagi kehidupan bermasyarakat berbangsa
dan bernegara.