• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS SDN CURAHMALANG 2 RAMBIPUJI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

    Thumbnail
    View/Open
    01 Halaman judul.pdf (144.7Kb)
    Date
    2014-01-18
    Author
    Ria Akbarina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kesulitan siswa dalam memahami materi dalam pembelajaran IPS dikarenakan metode yang digunakan guru cenderung monoton yaitu ceramah dan penugasan. Juga anggapan siswa mengenai materi pembelajaran IPS yang bersifat hafalan saja. Hal ini menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan ketika pembelajaran berlangsung siswa banyak yang gaduh, tidak memperhatikan penjelasan guru, berbicara dengan teman sebangkunya, bahkan ada yang bermain benda-benda mainan. Hal ini membuat hasil belajar siswa kurang dari standart ketuntasan yang ditentukan. Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif numbered heads together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Curahmalang 2 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Curahmalang 2 Kecamatan Rambipuji, dimulai pada tanggal 24 Juli 2010 sampai tanggal 31 Juli 2010, subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 24 anak, tediri dari 10 perempuan dan 14 laki- laki. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Yindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir siklus II, Rekapitulasi motivasi belajar siswa selama siklus I dan II, jawaban guru dan siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Hasil observasi pada motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPS pada siklus I yaitu aktivitas guru mencapai 93,9%, motivasi belajar siswa adalah 2,2 dan tergolong kategori sedang, dan hasil belajar siswa 66,67%. Pada siklus II aktivitas guru meningkat menjadi 96,9%, motivasi belajar siswa adalah 2,9 dan tergolong kategori tinggi, dan hasil belajar siswa meningkat menjadi 87,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ( 1 ) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif numbered heads together pada kelas V SD Negeri Curahmalang 2 berjalan dengan baik. Guru mengajak siswa untuk terlibat secara aktif selama pembelajaran. Koordinasi antara guru dengan para obsever berjalan dengan baik sehingga hambatan yang dihadapi selama pembelajaran dapat diselesaikan dengan baik (2) pembelajara IPS dengan penerapan model pembelajaran kooperatif numbered heads together dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dari siklus I mencapai 2,2 dengan criteria sedang, kemudian mengalami peningkatan 0,9 menjadi 2,9 dengan criteria tinggi, (3) ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 66,67% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar sebesar 20,83% menjadi 87,5%. Sehingga pembelajaran dianggap sudah tuntas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16517
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository