Show simple item record

dc.contributor.authorSumarjono, MSi
dc.date.accessioned2013-11-25T04:31:06Z
dc.date.available2013-11-25T04:31:06Z
dc.date.issued2012-12
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1650
dc.description.abstractIndikator keberhasilan suatu proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA) dapat dilihat salah satunya dari keberhasilan siswa memperoleh nilai Ujian Nasional (UN) yang tinggi. Tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih ada siswa di beberapa daerah yang belum berhasil mencapai nilai Ll-N dengan baik, di mana rata-rata nilai I-IN kurang dari 6,00. Dari hasil penelitian PPMP tahun 20ll dapat diketahui bahwa pada9 mata pelajaran UN untuk tahun 2008, 2009 dan 2010 untuk siswa SMA di wilayah di tiga kabupaten yaitu Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi terdapat Standar Kompetensi (SK) yang belum dikuasai siswa (nilai <60). Solusi yang diberikan untuk meningkatkan kualitas prosesd an hasil belajar siswa adalahm engembangkanM edel PembelajaranS IBOMBER (SIap Belajar Optimal Mandiri dan BERhasll) Cerdas berdasarkan paradigma konstruhivistik dan psikologi kognitif dengan altematif yang meliputi: 1) Tipe SIBOMBER Relakns; 2) Tipe Sibomber Menyeleseiknn Masalah secara Cerdas (MMC) dapat meningkatkan penguasaan siswa terhadap kompetensi mata pelajaran ujian nasional. Tindak lanjut hasil PPMP tersebut adalah kegiatan PenerapanM odel PengembanganM utu Pendidikan (PM-PMP) tahun 2012. Tujuan PM-PMP tahun 2012 adalah untuk (1) mengembangkan Model Pembelajaran yang dijadikan solusi pada kegiatan PPMP tahun 201I, (2) menerapkan Model Pembelajaran tersebut pada 9 mata pelajaran IIN di sub wilayah Jawa Timur 3, yaitu Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi, dan (3) mengukur efektifitas penerapan Model Pembelajaran tersebut. Untuk mencapai tujuan dilakukan 4 program, yaitu (1) program pengembangan Model Pembelajaran yang dijadikan solusi pada kegiatan PPMP tahun 2017, (2) Program Training of Trainers (ToT) pada 9 Guru model 9 matapelajaran UN, (3) Program Penerapan Model Pembelajaran tersebut pada 9 mata pelajaran LIN, dan (4) Program Pengukuran efektifitas penerapanM odel Pembelajarante rsebut.L uaran yang ditargetkan dari pelaksanaan PM-PMP ini adalah diperoleh Model Pembelajarany ang terverifikasi untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa SMA Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangien_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectPM-PMP, Medel Pembelajaran SIBOMBER (SIap Belajar Optimal Mandiri dan BERhasil) secara Cerdasen_US
dc.titlePENERAPAMN ODELP EMBEIA.'ARANS IBOMBERC EfrDASU NTUKM ENINGKATKAN PENGUASMNS ISWAT ERHADAPK OMPETENSMI ATAP ETAJARANU JIANN ASIONAT DI KABUPATEBNO NDOWOSSOI,T UBONDOB,A NYUWANGIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record