PENERAPAMN ODELP EMBEIA.'ARANS IBOMBERC EfrDASU NTUKM ENINGKATKAN PENGUASMNS ISWAT ERHADAPK OMPETENSMI ATAP ETAJARANU JIANN ASIONAT DI KABUPATEBNO NDOWOSSOI,T UBONDOB,A NYUWANGI
Abstract
Indikator keberhasilan suatu proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA)
dapat dilihat salah satunya dari keberhasilan siswa memperoleh nilai Ujian Nasional (UN)
yang tinggi. Tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih ada siswa di beberapa
daerah yang belum berhasil mencapai nilai Ll-N dengan baik, di mana rata-rata nilai I-IN
kurang dari 6,00. Dari hasil penelitian PPMP tahun 20ll dapat diketahui bahwa pada9 mata
pelajaran UN untuk tahun 2008, 2009 dan 2010 untuk siswa SMA di wilayah di tiga
kabupaten yaitu Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi terdapat Standar Kompetensi (SK)
yang belum dikuasai siswa (nilai <60). Solusi yang diberikan untuk meningkatkan kualitas
prosesd an hasil belajar siswa adalahm engembangkanM edel PembelajaranS IBOMBER (SIap
Belajar Optimal Mandiri dan BERhasll) Cerdas berdasarkan paradigma konstruhivistik dan
psikologi kognitif dengan altematif yang meliputi: 1) Tipe SIBOMBER Relakns; 2) Tipe
Sibomber Menyeleseiknn Masalah secara Cerdas (MMC) dapat meningkatkan penguasaan
siswa terhadap kompetensi mata pelajaran ujian nasional. Tindak lanjut hasil PPMP tersebut
adalah kegiatan PenerapanM odel PengembanganM utu Pendidikan (PM-PMP) tahun 2012.
Tujuan PM-PMP tahun 2012 adalah untuk (1) mengembangkan Model Pembelajaran yang
dijadikan solusi pada kegiatan PPMP tahun 201I, (2) menerapkan Model Pembelajaran
tersebut pada 9 mata pelajaran IIN di sub wilayah Jawa Timur 3, yaitu Bondowoso,
Situbondo, dan Banyuwangi, dan (3) mengukur efektifitas penerapan Model Pembelajaran
tersebut. Untuk mencapai tujuan dilakukan 4 program, yaitu (1) program pengembangan
Model Pembelajaran yang dijadikan solusi pada kegiatan PPMP tahun 2017, (2) Program
Training of Trainers (ToT) pada 9 Guru model 9 matapelajaran UN, (3) Program Penerapan
Model Pembelajaran tersebut pada 9 mata pelajaran LIN, dan (4) Program Pengukuran
efektifitas penerapanM odel Pembelajarante rsebut.L uaran yang ditargetkan dari pelaksanaan
PM-PMP ini adalah diperoleh Model Pembelajarany ang terverifikasi untuk meningkatkan
kualitas proses dan hasil belajar siswa SMA Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi