• Login
    View Item 
    •   Home
    • COMMUNITY SERVICES REPORT (LPM)
    • CSR-Hibah Pengabdian Lain-lain
    • View Item
    •   Home
    • COMMUNITY SERVICES REPORT (LPM)
    • CSR-Hibah Pengabdian Lain-lain
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAMN ODELP EMBEIA.'ARANS IBOMBERC EfrDASU NTUKM ENINGKATKAN PENGUASMNS ISWAT ERHADAPK OMPETENSMI ATAP ETAJARANU JIANN ASIONAT DI KABUPATEBNO NDOWOSSOI,T UBONDOB,A NYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    PM-PMP -Sumarjono (2012).rar (478.2Kb)
    Date
    2012-12
    Author
    Sumarjono, MSi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Indikator keberhasilan suatu proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA) dapat dilihat salah satunya dari keberhasilan siswa memperoleh nilai Ujian Nasional (UN) yang tinggi. Tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih ada siswa di beberapa daerah yang belum berhasil mencapai nilai Ll-N dengan baik, di mana rata-rata nilai I-IN kurang dari 6,00. Dari hasil penelitian PPMP tahun 20ll dapat diketahui bahwa pada9 mata pelajaran UN untuk tahun 2008, 2009 dan 2010 untuk siswa SMA di wilayah di tiga kabupaten yaitu Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi terdapat Standar Kompetensi (SK) yang belum dikuasai siswa (nilai <60). Solusi yang diberikan untuk meningkatkan kualitas prosesd an hasil belajar siswa adalahm engembangkanM edel PembelajaranS IBOMBER (SIap Belajar Optimal Mandiri dan BERhasll) Cerdas berdasarkan paradigma konstruhivistik dan psikologi kognitif dengan altematif yang meliputi: 1) Tipe SIBOMBER Relakns; 2) Tipe Sibomber Menyeleseiknn Masalah secara Cerdas (MMC) dapat meningkatkan penguasaan siswa terhadap kompetensi mata pelajaran ujian nasional. Tindak lanjut hasil PPMP tersebut adalah kegiatan PenerapanM odel PengembanganM utu Pendidikan (PM-PMP) tahun 2012. Tujuan PM-PMP tahun 2012 adalah untuk (1) mengembangkan Model Pembelajaran yang dijadikan solusi pada kegiatan PPMP tahun 201I, (2) menerapkan Model Pembelajaran tersebut pada 9 mata pelajaran IIN di sub wilayah Jawa Timur 3, yaitu Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi, dan (3) mengukur efektifitas penerapan Model Pembelajaran tersebut. Untuk mencapai tujuan dilakukan 4 program, yaitu (1) program pengembangan Model Pembelajaran yang dijadikan solusi pada kegiatan PPMP tahun 2017, (2) Program Training of Trainers (ToT) pada 9 Guru model 9 matapelajaran UN, (3) Program Penerapan Model Pembelajaran tersebut pada 9 mata pelajaran LIN, dan (4) Program Pengukuran efektifitas penerapanM odel Pembelajarante rsebut.L uaran yang ditargetkan dari pelaksanaan PM-PMP ini adalah diperoleh Model Pembelajarany ang terverifikasi untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa SMA Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1650
    Collections
    • CSR-Hibah Pengabdian Lain-lain [50]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository