• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII E SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 3 TANGGUL TAHUN AJARAN 2010 / 2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-suhermanro-4199-1-suherman-b_1.pdf (742.0Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    SUHERMAN ROQIB
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan observasi, Pembelajaran matematika di SMP Negeri 3 Tanggul masih berorientasi pada guru. Guru matematika di SMP Negeri 3 Tanggul menyatakan bahwa pada umumnya siswa cenderung menerima apa saja yang diberikan oleh guru. Guru juga lebih sering menggunakan metode ceramah atau ekspositori dari pada model-model pembelajaran lain yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga menyebabkan matematika terkesan sulit dan membosankan. Hal ini menyebabkan aktivitas siswa dalam pembelajaran menjadi sangat pasif. Selama pembelajaran berlangsung mereka hanya diam dan mendengarkan penjelasan guru, takut bertanya, dan takut untuk mengungkapkan pendapatnya. Keaktifan siswa cenderung berpengaruh pada strategi pembelajaran yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan persamaan garis singgung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pengambilan data dimulai pada tanggal 1 Desember 2010 sampai 11 Desember 2010. Desain penelitian yang digunakan adalah adaptasi model skema Hopkins yaitu rancangan penelitian yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 3 Tanggul yang berjumlah 40 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode tes. Data yang dianalisis meliputi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan dari hasil analisis data, penerapan pendekatan open ended pokok bahasan persamaan garis lurus terbukti dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penerapan pendekatan open ended pada pokok bahasan persamaan garis lurus berjalan dengan lancar dan terbukti dapat meningkatkan aktivitas siswa dan belajar siswa. Siswa mampu mengerjakan permasalahan dan memecahkan soalsoal yang diberikan oleh guru dengan memberikan respon jawaban lebih dari satu. Siswa juga dapat mengeluarkan pendapat/ menanggapi temannya saat presentasi, dan siswa tidak malu untuk bertanya. Serta siswa dapat menyimpulkan materi. Aktivitas siswa dalam pendekatan open ended pokok bahasan persamaan garis lurus terbukti meningkat selama pembelajaran berlangsung. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I yaitu pada pertemuan I sebesar 72,36% dan pada pertemuan II sebesar 74,86%. dan pada siklus II yaitu yaitu pada pertemuan I sebesar 81,39% dan pada pertemuan II sebesar 83,19%. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah ketuntasan belajar siswa pada siklus I belum mencapai standar yang ditentukan, dengan ketuntasan klasikal sebesar 80%. Namun, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 7,5%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16434
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15444]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository