• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH KESESUAIAN PEMILIHAN JURUSAN IPS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI

    Thumbnail
    View/Open
    21 (39).pdfxx_1.pdf (601.9Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    PURWANTO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel kesesuaian pemilihan jurusan IPS dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Pasuruan tahun ajaran 2007/2008. Juga untuk mengetahui variabel manakah dari variabel bebas yang meliputi kesesuaian pemilihan jurusan IPS dan fasilitas belajar yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi angket, interview, dan dokumentasi. Jumlah responden adalah 56 siswa yang pengambilannya menggunakan simple random sampling sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, analisis varian garis regresi, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kesesuaian pemilihan jurusan IPS dan fasilitas belajar mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji F, dimana perolehan perhitungan F hitung ixvii > F yaitu (40,865 > 3,172) dengan signifikansi 0,000. Koefisien determinasi (R tabel ) sebesar 0,607 yang berarti bahwa variabel kesesuaian pemilihan jurusan IPS dan fasilitas belajar secara simultan mempengaruhi prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi sebesar 60,7%. Proporsi sumbangan masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu, untuk variabel kesesuain pemilihan jurusan (X square ) sebesar 34,34% sedangkan fasilitas belajar (X 2 1 ) sebesar 26,334%. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa dari dua variabel bebas tersebut terbukti bahwa variabel bebas kesesuain pemilihan jurusan IPS (X ) mempunyai pengaruh paling dominan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16430
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository