PENGARUH KESESUAIAN PEMILIHAN JURUSAN IPS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel kesesuaian pemilihan
jurusan IPS dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa mata
pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Pasuruan tahun ajaran 2007/2008. Juga untuk
mengetahui variabel manakah dari variabel bebas yang meliputi kesesuaian pemilihan
jurusan IPS dan fasilitas belajar yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap
prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif
kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi angket,
interview, dan dokumentasi. Jumlah responden adalah 56 siswa yang
pengambilannya menggunakan simple random sampling sedangkan analisis data
menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, analisis varian garis regresi, uji
F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kesesuaian pemilihan
jurusan IPS dan fasilitas belajar mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi
belajar siswa mata pelajaran ekonomi. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji F,
dimana perolehan perhitungan F
hitung
ixvii
> F
yaitu (40,865 > 3,172) dengan
signifikansi 0,000. Koefisien determinasi (R
tabel
) sebesar 0,607 yang berarti bahwa
variabel kesesuaian pemilihan jurusan IPS dan fasilitas belajar secara simultan
mempengaruhi prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi sebesar 60,7%.
Proporsi sumbangan masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu,
untuk variabel kesesuain pemilihan jurusan (X
square
) sebesar 34,34% sedangkan fasilitas
belajar (X
2
1
) sebesar 26,334%. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa dari
dua variabel bebas tersebut terbukti bahwa variabel bebas kesesuain pemilihan
jurusan IPS (X
) mempunyai pengaruh paling dominan terhadap prestasi belajar
siswa mata pelajaran ekonomi.