• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUAL (SAVI) DALAM PEMBELAJARAN BILINGUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS (BIOLOGI) DI SMP NEGERI 3 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Mega Rahmawan_001.pdf (191.2Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    MEGA RAHMAWAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemerintah selalu berupaya untuk melakukan globalisasi guna meningkatkan mutu pendidikan nasional dengan berbagai cara, diantaranya dengan mendirikan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). RSBI merupakan sekolah dimana proses pembelajaran mata pelajaran Matematika dan Sains harus menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (bilingual). Selain itu, kegiatan pembelajaran harus berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pelaksanaan RSBI/SBI disamping memberikan perubahan yang positif, ternyata juga memiliki beberapa hambatan. Hambatan terbesar dalam pelaksanaan RSBI/SBI adalah penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam kegiatan belajar mengajar. Siswa sering mengalami kesulitan dalam berbahasa Inggris. Hal tersebut dapat dilihat dari terbatasnya kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Masalah keterbatasan bahasa ini dapat diatasi menggunakan pendekatan pembelajaran bahasa. Pemecahan masalah keterbatasan bahasa ini dapat dilakukan dengan pendekatan pembelajaran bahasa yang inovatif dan berpotensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris. Selain itu, upaya pemecahan yang dapat dilakukan adalah dengan mencari inovasi model pembelajaran yang lebih aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectual (SAVI). Model pembelajaran SAVI menekankan bahwa belajar haruslah memanfaatkan semua alat indra yang dimiliki, sehingga akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan, menyampaikan dan mengkomunikasikan ide-idenya, sehingga siswa akan lebih aktif dalam memberikan pendapat dalam proses pembelajaran. Dengan demikian kemampuan berkomunikasi siswa akan lebih berkembang Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar biologi siswa dan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan kelas VIIB sebagai kelas kontrol dan kelas VIID sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan program SPSS versi 15 for windows. Berdasarkan hasil Anova dengan taraf signifikasi 5% dapat diketahui bahwa model pembelajaran SAVI tidak memberikan pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar biologi pada ranah kognitif dan afektif, tetapi memberikan pengaruh yang signifikan pada ranah psikomotorik. Hasil capaian ranah kognitif, afektif dan psikomotorik pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Untuk nilai kognitif eksperimen : kontrol = 71,92 : 67,38, nilai afektif eksperimen : kontrol = 66,67 : 60,87 dan nilai psikomotorik eksperimen : kontrol = 66,97 : 56,73. Model pembelajaran SAVI lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar sebesar 6,7% pada ranah kognitif, sebesar 9,5% pada ranah afektif dan pada ranah psikomotorik sebesar 18,05% daripada pembelajaran secara konvensional.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16391
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository