• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Siklus Belajar Tipe Empiris Induktif Disertai Kartun Fisika Pada Pembelajaran Fisika SMP Negeri 1 Ambulu

    Thumbnail
    View/Open
    Unlock-gdlhub-gdl-ratnajuwit-7134-1-ratnaju-a_1.pdf (2.550Mb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    Juwita, Ratna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA memerlukan partisipasi aktif antara guru dan siswa. Guru harus mampu menyelenggarakan suatu proses belajar mengajar yang melibatkan siswa sehingga kegiatan pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru. Guru harus tepat dalam memilih model dan strategi pembelajaran serta variasi penggunaan media pembelajaran yang tepat agar suasana pembelajaran tidak membosankan sekaligus membantu guru menyampaikan materi supaya dapat diterima siswa dengan mudah. Salah satu usaha untuk meningkatkan peran aktif siswa yang diharapkan berdampak positif terhadap hasil belajarnya adalah penerapan model siklus belajar tipe empiris induktif yang dipadukan dengan kartun fisika sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengkaji adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model siklus belajar tipe empiris induktif disertai kartun fisika dengan pembelajaran model konvensional pada pembelajaran fisika SMP Negeri 1 Ambulu, (2) untuk mengkaji bagaimanakah aktifitas belajar siswa yang menggunakan model siklus belajar tipe empiris induktif disertai kartun fisika pada pembelajaran fisika SMP Negeri 1 Ambulu, (3) untuk mengkaji seberapa besar efektifitas pembelajaran fisika dengan model siklus belajar tipe empiris induktif disertai kartun fisika pada pembelajaran fisika SMP Negeri 1 Ambulu . Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ambulu, yang menjadi populasi penelitian adalah siswa kelas VIII. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling, dengan teknik undian untuk menentukan kelas eksperimen yang menerima pembelajaran fisika dengan model siklus belajar tipe empiris induktif disertai kartun fisika dan kelas kontrol yang menerima pembelajaran model konvensional. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test and post-test design. Metode pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Analisa data yang dilakukan yaitu; (1) uji beda hasil belajar untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) uji aktivitas untuk mengkaji prosentase aktivitas siswa selama pembelajaran fisika dengan model siklus belajar tipe empiris induktif disertai kartun fisika, (3) uji efektifitas hasil belajar untuk mengkaji seberapa besar efektifitas pembelajaran dengan model siklus belajar tipe empiris induktif disertai kartun fisika. Berdasarkan hasil uji beda hasil belajar diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung sebesar 2,67 dan ttabel sebesar 1,99. Hasil ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis aktivitas siswa secara klasikal diperoleh prosentase sebesar 84,49% yang berarti masuk kategori aktif. Untuk hasil uji efektifitas diperoleh nilai efektifitas sebesar 78,76% dan termasuk dalam kriteria efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model siklus belajar tipe empiris induktif disertai kartun fisika dan hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional pada pembelajaran fisika SMP Negeri 1 Ambulu, (2) aktivitas siswa dengan pembelajaran model siklus belajar tipe e mpiris induktif disertai kartun fisika pada pembelajaran fisika SMP Negeri 1 Ambulu termasuk dalam kategori aktif dengan prosentase aktivitas sebesar 84,49%, (3) efektifitas penerapan model siklus belajar tipe e mpiris induktif disertai kartun fisika pada pembelajaran fisika SMP Negeri 1 Ambulu adalah sebesar 78,76% dan termasuk dalam kategori efektif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16346
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15422]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository