Show simple item record

dc.contributor.authorIntan Sanne Putrianggani
dc.date.accessioned2014-01-17T07:12:42Z
dc.date.available2014-01-17T07:12:42Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM050210191066
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16203
dc.description.abstractMutu pendidikan matematika di tanah air masih membutuhkan perbaikan dan peningkatan. Oleh karana itu, berbagai upaya untuk meningkatkan pendidikan. Salah satu cara untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan menerapkan pembelajaran yang efektif, sehingga siswa mempunyai kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya untuk memecahkan masalah. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Bernuansa Kontruktivistik merupakan salah satu pembelajaran yag dapat meningkatkan kemampuan siswa dan meningkatkan aktivitas siswa. Pada pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terdapat empat langkah, (1) Penomoran, guru membagi siswa kedalam kelompok beranggotakan 3 – 5 orang dan setiap anggota diberi nomor 1 – 5. (2) Mengajukan pertanyaan, guru mengajukan sebuah pertanyaan kepada siswa. (3) Berpikir Bersama, siswa menyatukan pendapatnya terhdap pertanyaan itu dan meyakinkan tiap anggotanya dalam tim mengetahui jawaban itu. (4) Menjawab, guru memanggil nomor tertentu, kemudian siswa yang nomornya sesuai mengacungkan tangannya dan mencoba untuk menjawab pertanyaan untuk seluruh kelas. Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Bernuansa Kontruktivistik disini guru tidak langsung memberi materi secara langsung , akan tetapi siswa diberi kesempatan untuk menemukan rumus dengan cara berdiskusi dengan kelompoknya sesuai dengan aturan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Daerah penelitian adalah tempat atau lokasi objek penelitian dilakukannya suatu penelitian. Daerah yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 2 Tanggul Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini mengadopsi model skema Hopkins yaitu model skema yang menggunakan prosedur kerja yang dipandang sebagai siklus spiral dalam perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang kemudian diikuti siklus spiral berikutnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah 1) Tes, (2)Wawancara, (3) Pengamatan/observasi, (4) pencatatan lapangan. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together bernuansa kontruktivistik diawali dengan guru membuka pelajaran, guru menyampaikan tujuan khusus, guru menjelaskan metode yang akan digunakan dan langkah-langkah pembelajaran yang digunakan, guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok secara heterogen, guru memberi no tiap anggota, guru membagikan dan menjelaskan langkah-langkah mengerjakan LKS, guru membimbing kerja kelompok, guru memotivasi siswa agar terlibat dalam kelompok, guru menentukan nomor untuk presentasi, guru memberi penghargaan kepada kelompok yang presentasi di kelas, guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari, guru memberi pekerjaan rumah, yang terakhir guru menutup pelajaran. Penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Bernuansa Kontruktivistik ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada tes 1 ketuntasan secara klasikal sebesar 71,79 %. Siswa yang tidak tuntas sebanyak 11 siswa, sehingga pada siklus I belum mencapai ketuntasan secara klasial, namun pada tes II presentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 92,31 %.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210191066;
dc.subjectPembelajaran Kooperatif, Tipe Numbered Head Together, Kontruktivistik, Hasil Belajar, Teorema Phytagorasen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT ) BERNUANSA KONSTRUKTIVISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PHYTAGORAS KELAS VIIID SEMESTER GANJIL SMP N 2 TANGGUL TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record