Show simple item record

dc.contributor.authorRidhayati
dc.date.accessioned2014-01-17T06:37:42Z
dc.date.available2014-01-17T06:37:42Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM030210101060
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16101
dc.description.abstractStrategi PQ4R merupakan salah satu teknik belajar yang dikenal untuk membantu siswa memahami dan mengingat materi yang mereka baca. Strategi PQ4R ini terdiri dari 6 langkah, yaitu Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review. Pengajaran langsung merupakan suatu pendekatan mengajar yang mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh informasi yang dapat diajarkan selangkah demi selangkah. Strategi PQ4R dalam model pengajaran langsung adalah pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar untuk membantu siswa dalam memahami dan mengingat materi yang dibaca serta melatih strategi belajar, yaitu menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa; mendemonstrasikan keterampilan strategi PQ4R; membimbing pelatihan strategi PQ4R yaitu mepreview, membuat pertanyaan (question), membaca materi (read), refleksi (reflect), tanya jawab (recite), dan mengulang (review); melakukan pemahaman dan umpan balik; serta memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan. Beberapa permasalahan dalam penelitian ini mengenai bagaimana penerapan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) dalam model pengajaran langsung, bagaimana aktivitas belajar siswa, dan bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa selama penerapan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) dalam model pengajaran langsung. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui apa saja yang ditemukan dalam pembelajaran, mengetahui aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran, dan mengetahui ketuntasan belajar v siswa setelah penerapan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) dalam model pengajaran langsung pada sub pokok bahasan persamaan kuadrat. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Arosbaya-Bangkalan pada hari Rabu 15 November 2006, Kamis 16 November 2006, Rabu 22 November 2006, dan Kamis 23 November 2006. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 semester ganjil SMA Negeri 1 Arosbaya-Bangkalan tahun ajaran 2006/2007 dengan jumlah 42 siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan tes. Sedangkan data yang dikumpulkan adalah berupa aktivitas siswa selama pembelajaran, hasil wawancara, dan hasil tes. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain siswa menyukai penerapan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) dalam model pengajaran langsung, aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari pertemuan I sampai pertemuan III, dengan persentase keaktifan siswa pada pertemuan I sebesar 75,08%, pertemuan II sebesar 75,87%, dan pertemuan III sebesar 81,22%. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya respon positif dari siswa, walaupun masih ada siswa yang kurang aktif. Dari hasil wawancara dan hasil tes dapat diketahui kesulitan dalam mengerjakan soal persamaan kuadrat, yaitu karena siswa kurang memahami persoalan dan siswa jarang mengerjakan soal-soal latihan. Ketuntasan belajar terjadi pada siklus I, dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 88,1%. Penerapan strategi PQ4R dalam model pengajaran langsung dapat menjadi salah satu alternatif model pembelajaran yang mampu mengundang peran aktif siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries030210101060;
dc.subjectStrategi PQ4Ren_US
dc.titlePenerapan Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) dalam Model Pengajaran Langsung pada Sub Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X-1 Semester Ganjil SMA Negeri 1 Arosbaya-Bangkalan Tahun Ajaran 2006/2007en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record