dc.description.abstract | Strategi PQ4R merupakan salah satu teknik belajar yang dikenal untuk
membantu siswa memahami dan mengingat materi yang mereka baca. Strategi PQ4R
ini terdiri dari 6 langkah, yaitu Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review.
Pengajaran langsung merupakan suatu pendekatan mengajar yang mempelajari
keterampilan dasar dan memperoleh informasi yang dapat diajarkan selangkah demi
selangkah. Strategi PQ4R dalam model pengajaran langsung adalah pembelajaran
yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar untuk membantu siswa dalam
memahami dan mengingat materi yang dibaca serta melatih strategi belajar, yaitu
menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa; mendemonstrasikan keterampilan
strategi PQ4R; membimbing pelatihan strategi PQ4R yaitu mepreview, membuat
pertanyaan (question), membaca materi (read), refleksi (reflect), tanya jawab (recite),
dan mengulang (review); melakukan pemahaman dan umpan balik; serta memberikan
kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan.
Beberapa permasalahan dalam penelitian ini mengenai bagaimana penerapan
strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) dalam model
pengajaran langsung, bagaimana aktivitas belajar siswa, dan bagaimana ketuntasan
hasil belajar siswa selama penerapan strategi PQ4R (Preview, Question, Read,
Reflect, Recite, and Review) dalam model pengajaran langsung. Tujuan Penelitian ini
adalah mengetahui apa saja yang ditemukan dalam pembelajaran, mengetahui
aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran, dan mengetahui ketuntasan belajar
v
siswa setelah penerapan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and
Review) dalam model pengajaran langsung pada sub pokok bahasan persamaan
kuadrat.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Arosbaya-Bangkalan pada hari
Rabu 15 November 2006, Kamis 16 November 2006, Rabu 22 November 2006, dan
Kamis 23 November 2006. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1
semester ganjil SMA Negeri 1 Arosbaya-Bangkalan tahun ajaran 2006/2007 dengan
jumlah 42 siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif,
sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan tes.
Sedangkan data yang dikumpulkan adalah berupa aktivitas siswa selama
pembelajaran, hasil wawancara, dan hasil tes.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain siswa menyukai penerapan
strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) dalam model
pengajaran langsung, aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan
dari pertemuan I sampai pertemuan III, dengan persentase keaktifan siswa pada
pertemuan I sebesar 75,08%, pertemuan II sebesar 75,87%, dan pertemuan III sebesar
81,22%.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya respon positif dari
siswa, walaupun masih ada siswa yang kurang aktif. Dari hasil wawancara dan hasil
tes dapat diketahui kesulitan dalam mengerjakan soal persamaan kuadrat, yaitu
karena siswa kurang memahami persoalan dan siswa jarang mengerjakan soal-soal
latihan. Ketuntasan belajar terjadi pada siklus I, dengan persentase ketuntasan belajar
secara klasikal sebesar 88,1%. Penerapan strategi PQ4R dalam model pengajaran
langsung dapat menjadi salah satu alternatif model pembelajaran yang mampu
mengundang peran aktif siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. | en_US |