• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) dalam Model Pengajaran Langsung pada Sub Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X-1 Semester Ganjil SMA Negeri 1 Arosbaya-Bangkalan Tahun Ajaran 2006/2007

    Thumbnail
    View/Open
    ridhayati_1.pdf (63.87Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    Ridhayati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Strategi PQ4R merupakan salah satu teknik belajar yang dikenal untuk membantu siswa memahami dan mengingat materi yang mereka baca. Strategi PQ4R ini terdiri dari 6 langkah, yaitu Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review. Pengajaran langsung merupakan suatu pendekatan mengajar yang mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh informasi yang dapat diajarkan selangkah demi selangkah. Strategi PQ4R dalam model pengajaran langsung adalah pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar untuk membantu siswa dalam memahami dan mengingat materi yang dibaca serta melatih strategi belajar, yaitu menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa; mendemonstrasikan keterampilan strategi PQ4R; membimbing pelatihan strategi PQ4R yaitu mepreview, membuat pertanyaan (question), membaca materi (read), refleksi (reflect), tanya jawab (recite), dan mengulang (review); melakukan pemahaman dan umpan balik; serta memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan. Beberapa permasalahan dalam penelitian ini mengenai bagaimana penerapan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) dalam model pengajaran langsung, bagaimana aktivitas belajar siswa, dan bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa selama penerapan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) dalam model pengajaran langsung. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui apa saja yang ditemukan dalam pembelajaran, mengetahui aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran, dan mengetahui ketuntasan belajar v siswa setelah penerapan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) dalam model pengajaran langsung pada sub pokok bahasan persamaan kuadrat. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Arosbaya-Bangkalan pada hari Rabu 15 November 2006, Kamis 16 November 2006, Rabu 22 November 2006, dan Kamis 23 November 2006. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 semester ganjil SMA Negeri 1 Arosbaya-Bangkalan tahun ajaran 2006/2007 dengan jumlah 42 siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan tes. Sedangkan data yang dikumpulkan adalah berupa aktivitas siswa selama pembelajaran, hasil wawancara, dan hasil tes. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain siswa menyukai penerapan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) dalam model pengajaran langsung, aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari pertemuan I sampai pertemuan III, dengan persentase keaktifan siswa pada pertemuan I sebesar 75,08%, pertemuan II sebesar 75,87%, dan pertemuan III sebesar 81,22%. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya respon positif dari siswa, walaupun masih ada siswa yang kurang aktif. Dari hasil wawancara dan hasil tes dapat diketahui kesulitan dalam mengerjakan soal persamaan kuadrat, yaitu karena siswa kurang memahami persoalan dan siswa jarang mengerjakan soal-soal latihan. Ketuntasan belajar terjadi pada siklus I, dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 88,1%. Penerapan strategi PQ4R dalam model pengajaran langsung dapat menjadi salah satu alternatif model pembelajaran yang mampu mengundang peran aktif siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16101
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository