dc.description.abstract | Pada dasarnya didirikan suatu perusahaan baik itu perusahaan yang
bergerak dalam bidang perdagangan maupun dalam bidang usaha jasa,
mempunyai tujuan umum untuk mendapatkan suatu keuntungan yang maksimal.
Dengan keuntungan tersebut perusahaan diharapkan untuk dapat mempertahankan
kelangsungan hidupnya serta dapat menunjang pertumbuhan perusahaan, dengan
mewujudkan tujuan tersebut pihak perusahaan harus dapat menjalankan fungsifungsi
dasar manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan,
pengarahan, serta pengawasan pada berbagai bidang macam kegiatan operasional
perusahaan. Fungsi-fungsi manajemen tersebut saling terkait antara satu dengan
yang lain dan tidak dapat dipisah-pisahkan dalam usaha untuk mewujudkan
kegiatan perusahaan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Usaha untuk merealisasikan tujuan perusahaan itu dapat diperlukan suatu
koordinasi yang baik antara berbagai kegiatan operasiaonal perusahaan, baik
dibidang produksi, pemasaran, administrasi keuangan maupun sumber daya
manusia. Apabila terdapat salah satu saja kegiatan operasional perusahaan yang
kurang baik maka hal tersebut diakibatkan oleh koordinasi yang kurang sehingga
tujuan perusahaan akan terganggu.
Dari keseluruhan operasional yang ada, pemasaran merupakan aktivitas
yang sangant vital sebab pemasaran merupakan salah satu sistem keseluruhan dari
kegiatan bisnis mulai dari perencanaan produk, penentuan harga sampai dengan
pendistribusian fisiknya pada konsumen, pemasaran dapat dikatakan berhasil
apabila mendapatkan peningkatan volume penjualan.
Penjualan sebagai salah satu fungsi pemasaran mempunyai ruang lingkup
yang lebih sempit. Penjualan merupakan interaksi antar individu, saling bertemu
yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai atau
mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak
lain (Basu Swastha, 1994 : 10). | en_US |