Show simple item record

dc.contributor.authorRina Eva Sari
dc.date.accessioned2014-01-17T05:57:03Z
dc.date.available2014-01-17T05:57:03Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM080210204231
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15979
dc.description.abstractBerdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Sumber Pinang 02 Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember, salah satu pelajaran yang menjadi momok bagi siswa adalah matematika. Guru kelas IV merasakan bahwa ketika melakukan pembelajaran kepada siswa tentang bilangan bulat, siswa hampir semuanya memahami konsep bilangan bulat, namun ketika dilakukan tes materi bilangan bulat ternyata masih banyak ditemui siswa yang mengalami ketidaktuntasan dalam materi ini. Oleh karena itu guru menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan teknik Two Stay Two Stray untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sumber Pinang 02 Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember yang terdiri dari 40 siswa. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 10 Januari 2011 sampai dengan 20 Januari 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Sumber Pinang 02 Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa dan tes individu. Pada siklus 1 aktivitas siswa mencapai 49,38% dan rata-rata hasil belajar mencapai 63,75 serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 57,50%. Pada siklus 2, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 68,44%, rata-rata hasil belajar mencapai 75,00% serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 92,50% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Sumber Pinang 02 Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan bilangan bulat. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 19,06% dan hasil belajarnya sebesar 11,25 serta ketuntasannya sebesar 35,00%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204231;
dc.subjectCOOPERATIVE LEARNING, TEKNIK TWO STAY TWO STRAY, HASIL BELAJARen_US
dc.titlePEMBELAJARAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBER PINANG 02 KECAMATAN PAKUSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record