• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBER PINANG 02 KECAMATAN PAKUSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (32)xx_1.pdf (375.2Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    Rina Eva Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Sumber Pinang 02 Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember, salah satu pelajaran yang menjadi momok bagi siswa adalah matematika. Guru kelas IV merasakan bahwa ketika melakukan pembelajaran kepada siswa tentang bilangan bulat, siswa hampir semuanya memahami konsep bilangan bulat, namun ketika dilakukan tes materi bilangan bulat ternyata masih banyak ditemui siswa yang mengalami ketidaktuntasan dalam materi ini. Oleh karena itu guru menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan teknik Two Stay Two Stray untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sumber Pinang 02 Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember yang terdiri dari 40 siswa. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 10 Januari 2011 sampai dengan 20 Januari 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Sumber Pinang 02 Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa dan tes individu. Pada siklus 1 aktivitas siswa mencapai 49,38% dan rata-rata hasil belajar mencapai 63,75 serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 57,50%. Pada siklus 2, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 68,44%, rata-rata hasil belajar mencapai 75,00% serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 92,50% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Sumber Pinang 02 Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan bilangan bulat. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 19,06% dan hasil belajarnya sebesar 11,25 serta ketuntasannya sebesar 35,00%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15979
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository