• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Pada Sub-Pokok Bahasan Persegi panjang Dan Persegi Kelas VII C SMP Negeri 2 Arjasa Tahun Ajaran 2011/2012”

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (78)bb_1.pdf (379.0Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    Ilham Saifudin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu kendala utama pembelajaran di sekolah adalah kurang antusiasnya siswa untuk belajar. Siswa lebih cenderung menerima apa saja yang disampaikan oleh guru, diam dan enggan dalam mengemukakan pertanyaan maupun pendapat. Guru cenderung menggunakan metode pembelajaran konvensional yakni ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Padahal dalam kerangka pembelajaran matematika, siswa seharusnya dilibatkan secara mental, fisik dan sosial untuk membuktikan sendiri tentang kebenaran dari teori-teori dan hukum-hukum matematika yang dipelajarinya melalui proses ilmiah. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar matematika siswa khususnya siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Arjasa pada sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi. Pada penelitian ini diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (mencari pasangan) dengan tujuan yaitu: (1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (mencari pasangan), (2) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (mencari pasangan), dan (3) untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (mencari pasangan). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VII C di SMP Negeri 2 Arjasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu Siklus I, Siklus II, dan pada masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus mengobservasi kegiatan guru, aktivitas siswa, dan tes akhir siklus sebagai alat ukur tingkat pencapaian hasil belajar siswa setelah pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 minggu. Siklus I dilaksanakan tanggal 3 Mei 2012 dan 8 Mei 2012, sedangkan Siklus II dilaksanakan tanggal 9 Mei 2012 dan 10 Mei 2012. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (mencari pasangan) terdiri dari tiga fase pembelajaran yaitu pendahuluan, kegiatan kelompok dan formalisasi. Pada pembelajaran Siklus I, terdapat kendala ketika mencapai fase pengorganisasian kelompok dan fase diskusi kelompok. Guru masih belum maksimal dalam mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok kecil sehingga berakibat siswa kebingungan pada saat akan berkumpul dengan anggota kelompoknya. Pada pembelajaran Siklus II, penerapan ketiga fase pembelajaran tersebut berjalan dengan lancar. Analisis hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa , hal ini dapat diketahui berdasarkan persentase rata-rata seluruh aktivitas siswa yang diperoleh. Pada siklus I persentase rata-rata seluruh aktivitas siswa yang dicapai adalah 91,92%, sedangkan pada siklus II persentase rata-rata seluruh aktivitas siswa sebesar 96,09%. Meningkat sebesar 4,14%. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 84,36%, sedangkan pada Siklus II ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh adalah 81,85%. Meskipun ketuntasan hasil belajar siswa menurun, siklus II dikatakan tuntas karena telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yang ditentukan sekolah yaitu ≥75%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15978
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository