• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VB Pada Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Sikap Mematuhi Keputusan Bersama Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dengan Menggunakan Media Gambar Dan Kokami Di SDN Sumbersari 01 Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (74)bb_1.pdf (768.5Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    Ilanda Widiyanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Materi PKn pada umumnya merupakan materi yang berusaha menanamkan konsep yang bersifat abstrak. Artinya konsep tersebut berkaitan dengan sikap siswa yang nantinya harus terinternalisasai pada diri siswa. Oleh karena itu diperlukan strategi khusus untuk mencapai tujuan dari PKn. Pembelajaran PKn di sekolah dasar pada umumnya masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah. Berdasarkan hasil observasi di SDN Sumbersari 01 jember, terdapat permasalahan yaitu hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VB masih kurang dari kriteria ketuntasan minimal (yaitu 65 yang telah disesuaikan dengan kriteria ketuntasan secara nasional) yang telah ditetapkan oleh SDN Sumbersari 01 Jember. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB pada mata pelajaran PKn ini adalah melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media gambar dan kokami pada pokok bahasan sikap mematuhi keputusan bersama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB pada mata pelajaran PKn pokok bahasan sikap mematuhi keputusan bersama melalui model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dengan menggunakan media gambar dan kokami di SDN Sumbersari 01 Kabupaten Jember?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB pada mata pelajaran PKn pokok bahsan sikap mematuhi keputusan bersama melalui model pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning) dengan menggunkan media gambar dan kokami di SDN Sumbersari 01 Kabupaten Jember. Hipotesis pada penelitian ini adalah jika guru menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media gambar dan kokami dalam pembelajaran PKn pokok bahasan sikap mematuhi keputusan bersama, maka aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Sumbersari 01 Jember dalam pembelajaran PKn akan meningkat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN Sumbersari 01 Jember tahun ajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa 50 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa nilai siswa sebelum penelitian, nilai siswa pada akhir tes siklus 1 dan 2, analisis aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran serta jawaban siswa dan guru terhadap wawancara. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 November 2011 – 18 Februari 2012. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media gambar dan kokami pada mata pelajaran PKn pokok bahasan sikap mematuhi keputusan bersama mengalami peningkatan yang sangat baik. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata persentase aktivitas pada siklus 1 mencapai 68 %. Sedangkan pada siklus 2 persentase aktivitas belajar siswa mencapai 79,8 %. Selain itu Hasil belajar siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media gambar dan kokami pada pembelajaran PKn pokok bahasan sikap mematuhi keputusan bersama juga mengalami peningkatan. Pada siklus 1 diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 74 %. Sedangkan siklus 2 diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 86 %. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu siswa diharapkan dapat berpartisipasi aktif selama kegiatan pembelajaran PKn, sementara guru hendaknya menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media gambar dan kokami pada pembelajaran PKn ntuk meningkatakan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15926
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository