Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VB Pada Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Sikap Mematuhi Keputusan Bersama Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dengan Menggunakan Media Gambar Dan Kokami Di SDN Sumbersari 01 Kabupaten Jember
Abstract
Materi PKn pada umumnya merupakan materi yang berusaha menanamkan
konsep yang bersifat abstrak. Artinya konsep tersebut berkaitan dengan sikap siswa
yang nantinya harus terinternalisasai pada diri siswa. Oleh karena itu diperlukan
strategi khusus untuk mencapai tujuan dari PKn. Pembelajaran PKn di sekolah dasar
pada umumnya masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah.
Berdasarkan hasil observasi di SDN Sumbersari 01 jember, terdapat permasalahan
yaitu hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VB masih kurang dari kriteria ketuntasan
minimal (yaitu 65 yang telah disesuaikan dengan kriteria ketuntasan secara nasional)
yang telah ditetapkan oleh SDN Sumbersari 01 Jember.
Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB
pada mata pelajaran PKn ini adalah melalui model pembelajaran berbasis masalah
dengan menggunakan media gambar dan kokami pada pokok bahasan sikap
mematuhi keputusan bersama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB pada mata
pelajaran PKn pokok bahasan sikap mematuhi keputusan bersama melalui model
pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dengan menggunakan
media gambar dan kokami di SDN Sumbersari 01 Kabupaten Jember?.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas VB pada mata pelajaran PKn pokok bahsan sikap mematuhi keputusan bersama
melalui model pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning) dengan
menggunkan media gambar dan kokami di SDN Sumbersari 01 Kabupaten Jember.
Hipotesis pada penelitian ini adalah jika guru menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media gambar dan kokami dalam
pembelajaran PKn pokok bahasan sikap mematuhi keputusan bersama, maka aktivitas
siswa dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Sumbersari 01 Jember dalam
pembelajaran PKn akan meningkat.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN Sumbersari 01 Jember tahun
ajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa 50 siswa. Metode pengumpulan data pada
penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Data yang dikumpulkan berupa nilai siswa sebelum penelitian, nilai siswa pada
akhir tes siklus 1 dan 2, analisis aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran
serta jawaban siswa dan guru terhadap wawancara. Penelitian ini dilaksanakan pada
tanggal 21 November 2011 – 18 Februari 2012.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Aktivitas belajar siswa melalui model
pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media gambar dan kokami pada
mata pelajaran PKn pokok bahasan sikap mematuhi keputusan bersama mengalami
peningkatan yang sangat baik. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata persentase aktivitas
pada siklus 1 mencapai 68 %. Sedangkan pada siklus 2 persentase aktivitas belajar
siswa mencapai 79,8 %. Selain itu Hasil belajar siswa melalui model pembelajaran
berbasis masalah dengan menggunakan media gambar dan kokami pada pembelajaran
PKn pokok bahasan sikap mematuhi keputusan bersama juga mengalami
peningkatan. Pada siklus 1 diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa
mencapai 74 %. Sedangkan siklus 2 diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar
siswa mencapai 86 %. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu siswa diharapkan
dapat berpartisipasi aktif selama kegiatan pembelajaran PKn, sementara guru
hendaknya menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan
media gambar dan kokami pada pembelajaran PKn ntuk meningkatakan aktivitas dan
hasil belajar siswa.