• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SDN AMPEL 04 WULUHAN JEMBER TAHUN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-nuruljanna-4056-1-nurulja-i.pdf (3.145Mb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    NURUL JANNATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses belajar mengajar IPA di SDN Ampel 04 Wuluhan masih menerapkan metode konvensional yaitu ceramah dan penugasan dimana proses pembelajaran masih terfokus pada guru dan siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru sehingga pembelajaran terpusat pada guru bukan siswa. Hal tersebut menyebabkan siswa cepat bosan dan aktivitas belajar siswa menjadi kurang aktif. Pembelajaran yang seperti ini membuat hasil belajar siswa menjadi rendah sehingga perlu diadakan perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar serta aktivitas siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti berkoordinasi dengan guru kelas untuk menggunakan metode discovery terbimbing pada materi sumber daya alam dengan harapan aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode discovery terbimbing dalam pembelajaran IPA pokok bahasan sumber daya alam Siswa Kelas IV SDN Ampel 04 Wuluhan Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ampel 04 Wuluhan Jember pada tanggal 03 Januari sampai dengan 11 Januari 2011. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Ampel 04 Wuluhan Jember pada semester genap tahun ajaran 2010/2011, sebanyak 26 siswa sebagai responden penelitian. Pada Penelitian ini menggunakan Analisis data statistik deskriptif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian ini menggunakan model skema penelitian Hopkins dimana penelitian tindakan dilaksanakan berupa proses pengkajian berdaur (cyclical) yang terdiri dari empat tahap. Pelaksanaan terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, mengamati (observasi) dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan untuk menghitung prosentase peningkatan aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi dan hasil tes yang dihitung dengan menggunakan rumus Pt = n/N x 100% dimana Pt: Prosentase peningkatan hasil belajar siswa, n: jumlah siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar, N: jumlah seluruh siswa dan Pa = A/N x 100% dimana Pa: Prosentase Peningkatan aktivitas, A = jumlah siswa yang mengalami peningkatan aktivitas dan N = jumlah seluruh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dan aktivitas siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, Siklus I dan Siklus II. Pada pra siklus nilai rata-rata kelas sebesar 60,00 dan pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat 70,76 dengan prosentase peningkatan sebesar 69,23%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat hingga 85,38 apabila dibandingkan dengan siklus I maka prosentase peningkatan mencapai 76,92% yang termasuk dalam kategori baik sedangkan Pada kegiatan pra siklus prosentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 59,30% dan pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 69,20% dengan prosentase peningkatan aktivitas siswa sebesar 67,86% . Pada siklus ke II prosentase rata-rata aktivitas siswa meningkat sebesar 80,80% dengan prosentase peningkatan aktivitas sebesar 82,14% yang termasuk dalam kategori aktivitas siswa yang aktif. Dari analisis hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Pembelajaran menggunakan metode discovery terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam semester genap tahun ajaran 2010/2011 dengan nilai rata-rata kelas sebesar 85,38.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15887
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository