Show simple item record

dc.contributor.authorNafilah Perendi Sata
dc.date.accessioned2014-01-17T03:07:26Z
dc.date.available2014-01-17T03:07:26Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM080810201113
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15827
dc.description.abstractRINGKASAN Analisis Pengaruh Potongan Harga, Biaya Promosi, dan Biaya Distribusi Terhadap Volume Penjualan Produk Rokok Djarum Super Jember. Nafilah Perendi Sata, 080810201113, 2012, 74 halaman, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Perkembangan industri rokok di Indonesia tentu saja membawa pengaruh yang cukup positif dalam beberapa segi, khususnya segi ekonomi. Dengan adanya produk yang sejenis dan semakin banyak produk baru yang bermunculan, Djarum memiliki strategi kestabilan potongan harga sehingga produk Djarum bisa bersaing dengan produk lain yang sejenis dan tidak kalah dalam hal potongan harga karena dengan hal ini dapat meningkatkan volume penjualan produk rokok Djarum. Kestabilan yang dilakukan oleh Djarum tidak pernah mengalami kenaikan potongan harga seperti produk perusahan lain yang beredar di pasaran, hal itu dilakukan untuk memberikan image kepada masyarakat tentang Djarum yang tidak memiliki potongan harga mahal dan strategi itu di khususkan untuk menjaga loyalitas pelanggan yang telah loyal untuk mengkonsumsi produk Djarum. Seperti diketahui Djarum Super merupakan rokok kretek produksi PT.Djarum dimana usia produk ini sudah cukup lama sehingga telah dikenal oleh masyarakat luas dan merek Djarum Super sudah memiliki awareness yang tinggi dan brand image yang kuat di tengah konsumen sehingga dapat mengangkat volume penjualan rokok mild dan pertama kali diperkenalkan ke pasar Indonesia pada tahun 1981 tanggapan pasar terhadap produk ini sangat cepat. Dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan volume volume penjualan tersebut PT.Djarum tetap melakukan kegiatan biaya promosi karena adanya persaingan yang cukup tajam dalam pemasaran produk rokok kretek. Salah satu strategi yang dilakukan oleh Djarum yaitu dengan ricycle produk lama yang dihiasi dengan kemasan-kemasan baru sehingga lebih menarik konsumen dan konsumen tidak lupa akan produk yang telah diluncurkan perusahaan dan tetap tertanam di benak konsumen meskipun ada beberapa produk baru yang diluncurkan. Hal terpenting yang dilakukan oleh perusahaan yaitu menjaga distribusi produk dari pusat untuk semua wilayah Indonesia dan disesuaikan dengan target market yang dituju. Strategi ini di khususkan oleh perusahaan agar perusahaan tidak telat dan tidak kalah oleh distribusi yang dilakukan pesaing, sehingga perusahaan bisa menjaga kelangsungan siklus hidup produk yang beredar dikalangan masyarakat dan konsumen bisa menikmati produk baru yang diproduksi tanpa harus mengkonsumsi produk yang telah expired sehingga bisa menanamkan image perusahaan terhadap pelanggan. Tujuan penelitian adalah: 1)Untuk menganalisis pengaruh variabel potongan harga terhadap volume volume penjualan, 2)Menganalisis pengaruh variabel biaya promosi terhadap volume volume penjualan, 3)Menganalisis pengaruh variabel biaya saluran distribusi terhadap volume volume penjualan, 4) menganalisis pengaruh semua variabel (potongan harga, biaya promosi, dan biaya saluran distribusi) terhadap volume volume penjualan dan untuk menganalisis variabel yang lebih dominan terhadap volume volume penjualan. Manfaat dari penelitian ini dapat untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam melakukan penetapan potongan harga, kegiatan biaya promosi, dan biaya saluran distribusi untuk meningkatkan volume penjualan pada rokok Djarum Super. Penelitian ini di klasifikasikan sebagai explanatory research, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini data internal yang menggambarkan keadaan atau kegiatan dalam suatu perusahaan yang diperoleh langsung dari perusahaan oleh peneliti, metode pengumpulan datanya berupa interview dan dokumentasi, analisis data yang digunakan adalah dengan uji normalitas, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji F, dan uji t. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh bahwa variabel potongan harga berpengaruh secara signifikan terhadap terhadap volume volume penjualan rokok Djarum Super, ini dibuktikan dengan perhitungan regresi dengan tingkat signifikansi 0,038; variabel biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap volume volume penjualan rokok Djarum Super pada PT. Djarum dengan tingkat signifikansi sebesar 0,014; variabel biaya saluran distribusi berpengaruh signifikan terhadap volume volume penjualan rokok Djarum Super pada rokok Djarum Super PT. Djarum dengan tingkat signifikansi sebesar 0,006; dan potongan harga adalah variabel yang paling dominan mempengaruhi volume volume penjualan rokok Djarum Super. Kesimpulannya bahwa hasil penelitian menerima semua hipotesis berpengaruh signifikan terhadap volume volume penjualan produk rokok Djarum Super.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080810201113;
dc.subjectPotongan Hargaen_US
dc.titleANALISIS PENGARUH POTONGAN HARGA , BIAYA PROMOSI, DAN BIAYA DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PRODUK ROKOK DJARUM SUPER JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record