ANALISIS PENGARUH POTONGAN HARGA , BIAYA PROMOSI, DAN BIAYA DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PRODUK ROKOK DJARUM SUPER JEMBER
Abstract
RINGKASAN
Analisis Pengaruh Potongan Harga, Biaya Promosi, dan Biaya Distribusi Terhadap
Volume Penjualan Produk Rokok Djarum Super Jember. Nafilah Perendi Sata,
080810201113, 2012, 74 halaman, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember.
Perkembangan industri rokok di Indonesia tentu saja membawa pengaruh yang cukup
positif dalam beberapa segi, khususnya segi ekonomi. Dengan adanya produk yang sejenis dan
semakin banyak produk baru yang bermunculan, Djarum memiliki strategi kestabilan potongan
harga sehingga produk Djarum bisa bersaing dengan produk lain yang sejenis dan tidak kalah
dalam hal potongan harga karena dengan hal ini dapat meningkatkan volume penjualan produk
rokok Djarum. Kestabilan yang dilakukan oleh Djarum tidak pernah mengalami kenaikan
potongan harga seperti produk perusahan lain yang beredar di pasaran, hal itu dilakukan untuk
memberikan image kepada masyarakat tentang Djarum yang tidak memiliki potongan harga
mahal dan strategi itu di khususkan untuk menjaga loyalitas pelanggan yang telah loyal untuk
mengkonsumsi produk Djarum. Seperti diketahui Djarum Super merupakan rokok kretek
produksi PT.Djarum dimana usia produk ini sudah cukup lama sehingga telah dikenal oleh
masyarakat luas dan merek Djarum Super sudah memiliki awareness yang tinggi dan brand
image yang kuat di tengah konsumen sehingga dapat mengangkat volume penjualan rokok mild
dan pertama kali diperkenalkan ke pasar Indonesia pada tahun 1981 tanggapan pasar terhadap
produk ini sangat cepat. Dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan volume volume
penjualan tersebut PT.Djarum tetap melakukan kegiatan biaya promosi karena adanya
persaingan yang cukup tajam dalam pemasaran produk rokok kretek. Salah satu strategi yang
dilakukan oleh Djarum yaitu dengan ricycle produk lama yang dihiasi dengan kemasan-kemasan
baru sehingga lebih menarik konsumen dan konsumen tidak lupa akan produk yang telah
diluncurkan perusahaan dan tetap tertanam di benak konsumen meskipun ada beberapa produk
baru yang diluncurkan. Hal terpenting yang dilakukan oleh perusahaan yaitu menjaga distribusi
produk dari pusat untuk semua wilayah Indonesia dan disesuaikan dengan target market yang
dituju. Strategi ini di khususkan oleh perusahaan agar perusahaan tidak telat dan tidak kalah oleh
distribusi yang dilakukan pesaing, sehingga perusahaan bisa menjaga kelangsungan siklus hidup
produk yang beredar dikalangan masyarakat dan konsumen bisa menikmati produk baru yang
diproduksi tanpa harus mengkonsumsi produk yang telah expired sehingga bisa menanamkan
image perusahaan terhadap pelanggan. Tujuan penelitian adalah: 1)Untuk menganalisis pengaruh
variabel potongan harga terhadap volume volume penjualan, 2)Menganalisis pengaruh variabel
biaya promosi terhadap volume volume penjualan, 3)Menganalisis pengaruh variabel biaya
saluran distribusi terhadap volume volume penjualan, 4) menganalisis pengaruh semua variabel
(potongan harga, biaya promosi, dan biaya saluran distribusi) terhadap volume volume penjualan
dan untuk menganalisis variabel yang lebih dominan terhadap volume volume penjualan.
Manfaat dari penelitian ini dapat untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam melakukan
penetapan potongan harga, kegiatan biaya promosi, dan biaya saluran distribusi untuk
meningkatkan volume penjualan pada rokok Djarum Super.
Penelitian ini di klasifikasikan sebagai explanatory research, sumber data yang
digunakan dalam penelitian ini data internal yang menggambarkan keadaan atau kegiatan dalam
suatu perusahaan yang diperoleh langsung dari perusahaan oleh peneliti, metode pengumpulan
datanya berupa interview dan dokumentasi, analisis data yang digunakan adalah dengan uji
normalitas, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji F, dan uji t. Berdasarkan hasil
analisis regresi diperoleh bahwa variabel potongan harga berpengaruh secara signifikan terhadap
terhadap volume volume penjualan rokok Djarum Super, ini dibuktikan dengan perhitungan
regresi dengan tingkat signifikansi 0,038; variabel biaya promosi berpengaruh signifikan
terhadap volume volume penjualan rokok Djarum Super pada PT. Djarum dengan tingkat
signifikansi sebesar 0,014; variabel biaya saluran distribusi berpengaruh signifikan terhadap
volume volume penjualan rokok Djarum Super pada rokok Djarum Super PT. Djarum dengan
tingkat signifikansi sebesar 0,006; dan potongan harga adalah variabel yang paling dominan
mempengaruhi volume volume penjualan rokok Djarum Super. Kesimpulannya bahwa hasil
penelitian menerima semua hipotesis berpengaruh signifikan terhadap volume volume penjualan
produk rokok Djarum Super.