Show simple item record

dc.contributor.authorHarsia
dc.date.accessioned2014-01-17T02:49:18Z
dc.date.available2014-01-17T02:49:18Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM070210204033
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15792
dc.description.abstractLatar belakang dari penelitian tindakan ini berdasarkan observasi awal diketemukan pembelajaran yang tidak efektif artinya, guru dalam menyampaikan materi masih menggunakan metode yang konvensional, termasuk juga kurangnya media pembelajaran yang menunjang, sehingga siswa belum mampu menulis karangan sederhana dengan benar. Berdasarkan masalah diatas maka, salah satu strategi untuk mengatasi masalah pembelajaran tersebut adalah memanfaatkan media gambar seri sebagai alat bantu pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah cara bagaimanakah proses penerapan media gambar seri yang dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas III SDN Gebang 01 Jember, bagaimanakah kemampuan menulis karangan sederhana setelah menggunakan media gambar seri siswa kelas III SD Negeri Gebang 01 Jember. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses penerapan media gambar seri yang dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas III SDN Gebang 01 Jember, meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana setelah menggunakan media gambar seri siswa kelas III SD Negeri Gebang 01 Jember. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh dari proses penerapan media gambar seri yang dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana. Melalui media gambar seri, secara umum setelah digunakan media gambar seri kemampuan siswa dalam menulis karangan saderhana meningkat, dimana siswa mampu menulis karangan sederhana dengan benar sesuai dengan stuktur karangan sederhana. Setelah dirataratakan, pembelajaran menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana. Hal ini nampak dari peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I mencapai 63% sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan menulis karangan sebesar 86%. Peningkatan tingkat ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II menunjukkan bahwa secara klasikal media gambar seri berhasil membuat siswa aktif selama pembelajaran berlangsung. Saran yang ingin disampaikan yaitu siswa, hendaknya meningkatkan minatnya terhadap menulis. Bagi guru hendaknya menggunakan gambar seri sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampauan siswa dalam menulis karangan sederhana dan memotivasi siswa untuk berkarya. Bagi peneliti lain, hendaknya penelitian ini dijadikan sarana pengetahuan dan timbul ide serta gagasan untuk lebih meneliti dalam setiap pelaksanaan belajar mengajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204033;
dc.subjectMenulis Karanganen_US
dc.titleMeningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana dengan Menggunakan Media Gambar Seri Siswa Kelas III SDN Gebang 01 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record