Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana dengan Menggunakan Media Gambar Seri Siswa Kelas III SDN Gebang 01 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011
Abstract
Latar belakang dari penelitian tindakan ini berdasarkan observasi awal
diketemukan pembelajaran yang tidak efektif artinya, guru dalam menyampaikan
materi masih menggunakan metode yang konvensional, termasuk juga kurangnya
media pembelajaran yang menunjang, sehingga siswa belum mampu menulis
karangan sederhana dengan benar. Berdasarkan masalah diatas maka, salah satu
strategi untuk mengatasi masalah pembelajaran tersebut adalah memanfaatkan media
gambar seri sebagai alat bantu pembelajaran.
Permasalahan penelitian ini adalah cara bagaimanakah proses penerapan media
gambar seri yang dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana siswa
kelas III SDN Gebang 01 Jember, bagaimanakah kemampuan menulis karangan
sederhana setelah menggunakan media gambar seri siswa kelas III SD Negeri Gebang
01 Jember. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses penerapan media
gambar seri yang dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana siswa
kelas III SDN Gebang 01 Jember, meningkatkan kemampuan menulis karangan
sederhana setelah menggunakan media gambar seri siswa kelas III SD Negeri Gebang
01 Jember.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas secara
kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif
antara peneliti dan guru. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, tes,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu data deskriptif
kualitatif. Hasil penelitian diperoleh dari proses penerapan media gambar seri yang
dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana. Melalui media gambar
seri, secara umum setelah digunakan media gambar seri kemampuan siswa dalam
menulis karangan saderhana meningkat, dimana siswa mampu menulis karangan
sederhana dengan benar sesuai dengan stuktur karangan sederhana. Setelah dirataratakan,
pembelajaran menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan
kemampuan menulis karangan sederhana. Hal ini nampak dari peningkatan
ketuntasan siswa dari siklus I mencapai 63% sedangkan pada siklus II terjadi
peningkatan kemampuan menulis karangan sebesar 86%. Peningkatan tingkat
ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II menunjukkan bahwa secara klasikal media
gambar seri berhasil membuat siswa aktif selama pembelajaran berlangsung.
Saran yang ingin disampaikan yaitu siswa, hendaknya meningkatkan minatnya
terhadap menulis. Bagi guru hendaknya menggunakan gambar seri sebagai media
pembelajaran untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampauan siswa dalam
menulis karangan sederhana dan memotivasi siswa untuk berkarya. Bagi peneliti lain,
hendaknya penelitian ini dijadikan sarana pengetahuan dan timbul ide serta gagasan
untuk lebih meneliti dalam setiap pelaksanaan belajar mengajar.