PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN DALAM MEMILIH OBJEK WISATA PADA TAMAN REKREASI PEMANDIAN “WISATA OSING” (WO) DI KOTA BANYUWANGI
Abstract
Konsumen memutuskan membeli atau tidak jasa yang ditawarkan pihak
pengelola objek wisata setelah konsumen melihat segala sesuatunya, salah satunya
dilihat dari faktor bauran pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui variabel produk wisata, harga, promosi, tempat, partisipan, proses dan
bukti fisik terhadap keputusan konsumen pada Taman Rekreasi Wisata Osing
(WO) di Banyuwangi secara parsial dan simultan dan untuk mengetahui variabel
mana yang paling kuat (dominan) terhadap keputusan konsumen pada Taman
Rekreasi Pemandian Wisata Osing (WO) di Banyuwangi.
Penelitian ini termasuk penelitian explanatory. Populasi dalam penelitian
ini adalah pengunjung Taman Rekreasi Pemandian Wisata Osing (WO). Jumlah
sampel 120 orang. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas,
uji normalitas, regresi linear berganda, uji T dan F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran yang terdiri dari
produk, harga, promosi, tempat, partisipan, proses dan bukti fisik berpengaruh
signifikan secara simultan keputusan konsumen pada Taman Rekreasi Wisata
Osing (WO) di Banyuwangi. Bauran pemasaran yang terdiri dari harga, bukti
fisik, dan proses berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan
konsumen pada Taman Rekreasi Wisata Osing (WO) di Banyuwangi. Sedangkan
variabel produk, promosi dan partisipan tidak terbukti berpengaruh terhadap
keputusan pada Taman Rekreasi Pemandian Wisata Osing (WO) di Banyuwangi.
Hasil koefisien regresi menunjukkan bahwa variabel proses memiliki pengaruh
dominan terhadap keputusan konsumen pada Taman Rekreasi Pemandian Wisata
Osing (WO) di Banyuwangi.