Show simple item record

dc.contributor.authorOktariani Dwi Puspitasari
dc.date.accessioned2014-01-17T00:50:20Z
dc.date.available2014-01-17T00:50:20Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM060210301059
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15637
dc.description.abstractTingkat keberhasilan siswa Kelas XII IPS SMAN 2 Probolinggo dalam belajar akuntansi dapat dikatakan masih rendah. Hal ini ditunjukkan oleh rendahnya nilai rata-rata ulangan harian mata pelajaran akuntansi jika dibandingkan dengan pelajaran ekonomi kelas XII. Rendahnya nilai siswa ini disebabkan karena adanya kesulitan belajar siswa yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor intern maupun ekstern. Faktor intern dapat meliputi keterampilan siswa dalam mengerjakan soal jurnal umum dalam akuntansi, kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas, ketelitian siswa dalam mengerjakan soal akuntansi, minat siswa terhadap pelajaran Akuntansi, cara belajar siswa pada pelajaran Akuntansi. Sedangkan faktor ekstern meliputi cara guru mengajar dalam proses pembelajaran akuntansi, dan sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor intern dan ekstern penyebab kesulitan belajar siswa terhadap mata pelajaran akuntansi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive area. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa kutipan-kutipan data untuk memberikan gambaran dan fenomena yang ada di lapangan tentang faktor penyebab kesulitan belajar akuntansi pada siswa IPS Kelas XII SMAN 2 Probolinggo Tahun Ajaran 2010/ 2011. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesulitan yang dihadapi siswa IPS kelas XII SMAN 2 Probolinggo dalam belajar akuntansi. Pada faktor intern meliputi keterampilan siswa dalam mengerjakan soal akuntansi yang masih kurang sebanyak 75%; kurangnya kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas sebanyak 73%; ketelitian siswa dalam mengerjakan soal akuntansi hanya 27%; minat siswa yang masih kurang terhadap pelajaran Akuntansi 77%; cara belajar siswa pada pelajaran akuntansi yang belum tepat sebanyak 68%. Sedangkan faktor ekstern penyebab kesulitan belajar Akuntansi pada siswa IPS Kelas XII SMA Negeri 2 Probolinggo tahun ajaran 2010/2011 adalah sumber belajar yang kurang memadai dan juga siswa belum memanfaatkan persediaan buku penunjang akuntansi yang ada di perpustakaan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa faktor yang menyebabkan kesulitan belajar akuntansi siswa kelas XII SMAN 2 Probolinggo lebih cenderung pada faktor intern siswa itu sendiri.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210301059;
dc.subjectPENYEBAB KESULITAN BELAJAR AKUNTANSIen_US
dc.titleFAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA IPS KELAS XII SMA NEGERI 2 PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record