FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA IPS KELAS XII SMA NEGERI 2 PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Tingkat keberhasilan siswa Kelas XII IPS SMAN 2 Probolinggo dalam
belajar akuntansi dapat dikatakan masih rendah. Hal ini ditunjukkan oleh rendahnya
nilai rata-rata ulangan harian mata pelajaran akuntansi jika dibandingkan dengan
pelajaran ekonomi kelas XII. Rendahnya nilai siswa ini disebabkan karena adanya
kesulitan belajar siswa yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor intern
maupun ekstern. Faktor intern dapat meliputi keterampilan siswa dalam mengerjakan
soal jurnal umum dalam akuntansi, kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas,
ketelitian siswa dalam mengerjakan soal akuntansi, minat siswa terhadap pelajaran
Akuntansi, cara belajar siswa pada pelajaran Akuntansi. Sedangkan faktor ekstern
meliputi cara guru mengajar dalam proses pembelajaran akuntansi, dan sumber
belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor intern dan ekstern penyebab
kesulitan belajar siswa terhadap mata pelajaran akuntansi tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive
area. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, metode
wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa kutipan-kutipan data
untuk memberikan gambaran dan fenomena yang ada di lapangan tentang faktor
penyebab kesulitan belajar akuntansi pada siswa IPS Kelas XII SMAN 2 Probolinggo
Tahun Ajaran 2010/ 2011.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesulitan yang
dihadapi siswa IPS kelas XII SMAN 2 Probolinggo dalam belajar akuntansi. Pada
faktor intern meliputi keterampilan siswa dalam mengerjakan soal akuntansi yang
masih kurang sebanyak 75%; kurangnya kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas
sebanyak 73%; ketelitian siswa dalam mengerjakan soal akuntansi hanya 27%; minat
siswa yang masih kurang terhadap pelajaran Akuntansi 77%; cara belajar siswa pada
pelajaran akuntansi yang belum tepat sebanyak 68%. Sedangkan faktor ekstern
penyebab kesulitan belajar Akuntansi pada siswa IPS Kelas XII SMA Negeri 2
Probolinggo tahun ajaran 2010/2011 adalah sumber belajar yang kurang memadai
dan juga siswa belum memanfaatkan persediaan buku penunjang akuntansi yang ada
di perpustakaan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa faktor yang menyebabkan kesulitan
belajar akuntansi siswa kelas XII SMAN 2 Probolinggo lebih cenderung pada faktor
intern siswa itu sendiri.