dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan ekuitas merek smartphone
pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Jember melalui
elemen-elemen utama ekuitas merek. Ekuitas merek adalah seperangkat aset dan
liabilitas merek yang berkaitan dengan suatu merek, nama dan simbolnya, yang
menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah barang atau jasa kepada
perusahaan atau para pelanggan perusahaan. Ekuitas merek mempunyai empat
elemen utama yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas
merek. Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel Mahasiswa Fakultas Ilmu
Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Jember sebanyak 100 responden dengan
perhitungan 20 responden dari lima merek smartphone (Blackberry, Nokia, Samsung,
Nexian, Sony Ericsson).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif yaitu untuk menjelaskan, meringkaskan berbagai kondisi,
berbagai situasi atau berbagai variabel yang timbul di masyarakat yang menjadi
obyek penelitian itu berdasarkan apa yang terjadi. Teknik pengukuran analisis ini
menggunakan skala likert. Penarikan kesimpulan ini menggunakan metode deduktif
yaitu penarikan kesimpulan dari hal-hal yang bersifat umum ke hal-hal yang bersifat
khusus yaitu kenyataan yang riil yang terjadi di tempat penelitian sesuai dengan
tujuan penelitian.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah, yang pertama, dari elemen kesadaran
merek bahwa smartphone Blackberry mencapai puncak kesadaran pikiran (top of
mind) dan smartphone Nexian berada pada urutan terendah. Smartphone Sony
Ericsson merupakan merek yang memiliki asosiasi tertinggi dan smartphone Nexian
merupakan merek yang memiliki asosiasi terendah. Kesan kualitas terbaik diraih oleh
smartphone Blackberry sedangkan smartphone yang memiliki kesan kualitas terendah
adalah smartphone Nexian. Loyalitas merek tertinggi diraih oleh smartphone Samsung dan
loyalitas merek terendah adalah smartphone Nexian. | en_US |