FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN KARTU PERDANA IM3 DI KOTA JEMBER
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor internal yaitu kelas
sosial, kelompok referensi serta faktor eksternal antara lain ketersediaan produk,
karakteristik produk dan harga terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan
kartu perdana IM3 secara parsial dan simultan pada masyarakat kota Jember serta
mengetahui faktor yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan konsumen.
Populasi penelitian ini adalah pelanggan Indosat khususnya pengguna kartu
perdana IM3 yang registrasi selama bulan Desember, Januari dan Februari yang
berdomisili di Kota Jember. Sampel terpilih sebanyak 50 orang. Metode analisis
data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa ada pengaruh secara signifikan kelas sosial, kelompok referensi,
ketersediaan produk, karakteristik produk dan harga terhadap keputusan konsumen
dalam menggunakan kartu perdana IM3 secara parsial dan simultan pada
masyarakat kota Jember